Transportasi Indonesia Dari Masa ke Masa

 

Perkembangan teknologi yang pesat memengaruhi perkembangan transportasi di berbagai macam tempat. Termasuk di Indonesia sendiri. Perkembangan transportasi sangat beragam. Baik transportasi jarang dekat, maupun jauh. Sebagai negara kepulauan, keberagaman transportasi pun tidak akan hanya terpaku pada jalur darat saja, namun laut dan udara.

Pengaruh berkembangnya moda transportasi bukan hanya karena perubahan teknologi yang juga maju. Namun, letak geografis Indonesia yang cukup luas dan didominasi laut, juga pengaruh budaya luar termasuk pada masa penjajahan dahulu. Arab, India, Eropa adalah beberapa wilayah yang pernah masuk ke Indonesia, terlebih kolonial yang tentunya memiliki jumlah transportasi yang terhitung lebih modern daripada Indonesia pada masa itu. Tentunya, melalui mereka banyak hal baru yang memberikan pengaruh pada perkembangan transportasi di Indonesia.

Macam-macam perkembangan transportasi di Indonesia

1.       Transportasi Darat

Dalam buku sejarah kereta api di Indonesia yang dirilis di tahun 1997, Belanda pernah membentuk jalur kereta api  yang  menghubungkan kota Semarang, Surakarta dan Yogyakarya. Pada awalnya, Belanda bermaksud untuk menggunakan jalur kereta api sebagai alat transportasi yang membantu efesiensi pengiriman hasil bumi dari daerah ke pelabuhan, sebab teknologi kereta api lebih baik daripada kendaraan biasa. Namun, setelah beberapa waktu, kerat api dioperasikan sebagai transportasi darat untuk masyarakat dan penggunaannya masih berjalan sampai sekarang. PT. KAI adalah bukti dari berkembangnya kereta api di Indonesia.

2.       Transportasi Air

Sebagai wilayah dengan dominasi air yang tinggi, Indonesia juga sudah punya transportasi air mereka dari zaman sebelum penjajahan tiba. Bahkan, dari zaman kerajaan. Salah satunya, kerajaan Sriwijaya yang dikenal dengan kerajaan maritim terbesar di Asia tenggara. Tentu pengaruhnya sangat besar pada perkembangan transportasi air. Lalu, pada masa Islamisasi di Indonesia, sebelum kolonial masuk ke Indonesia, golongan Islam dari timur tengah lebih dahulu masuk ke Indonesia. Tentunya, penggunaan kapal laut sudah cukup ramai kala itu. Kolonial belanda bisa masuk ke Indonesia karean perkembangan manajemen pelabuhan yang sudah ada jauh sebelum para penjajah masuk Indonesia. Bahkan sampai saat ini, pelabuhan masih beroperasi sebagai titik beroperasinya moda transportasi air di Indonesia. Contohnya Pelabuhan Merak dan Tanjung Priok

3.       Transportasi Udara

Perkembangan transportasi udara diawali dari suksesnya tokoh penerbangan Indonesia yaitu Nurtanio Pringgoadisuryo dan Wiweko Supomo yang berhasil menerbangkan pesawat kursi tunggal dengan nama “Si Kumbang”.

Tekonologi pesawat udara tentu merupakan hal yang jauh lebih baru di Indonesia, sebab teknologi ini hadir di Indonesia sekitar tahun 1900-an. Tahun 1913, merupakan tahun pertama terjadinya penerbangan di Indonesia. Penerbang asal belanda melakukan penerbangan pertama kali di Indonesia, namun mengalami kegagalan. Setelah itu, diadakan penerbangan percobaan sebagai proses pembelajaarn militer kala itu. Penerbangan pertama terjadi di tahun 1924 yang menerbangkan pesawat dari Indonesia ke Amsterdam dengan sangat baik.

Maskapai pertama dikenalkan oleh Belanda pada tahun 1928, dan pada tahun 1940 bandara internasional Indonesia yaitu bnadara Kemayoran Batavia mulai beroperasi. Setelah kemerdekaan, pada tahun 1949, penerbangan sipil pertama dilakukan oleh angkatan Udara Republik Indonesia dan disepakati dalam Konferensi Meja Bundar. Lebih dari 100 tahun industri penerbangan di Indonesia beroperasi. Inilah perkembangan transportasi di Indonesia.

                Tentunya, perkembangan transportasi di Indonesia tidak lain dipengaruhi oleh perkembangan sosial di wilayan Indonesia sendiri. Kebutuhan mobilitas yang tinggi didukung dengan pertumbuhan yang cepat, membuat moda transportasi sangat dibutuhkan. Selain hal-hal diatas, transportasi darat seperti angkutan umum dan bus juga sangat berpengaruh dalam perkembangan transportasi di Indonesia. Sebelum adanya kereta, tentu tenaga hewan digunakan untuk mengangukt barang-barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Sampai teknologi mesin berkembang dan hewan tergantikan oleh mesin-mesin mobil.

Perkembangan transportasi umum




                Zaman Orde Baru adalah titik dimana kualiats dan kuantitas teknologi transportasi Indonesia bisa diseimbangan dengan negara berkembang lainnya. Angkutan umum seperti angkot sudah banyak beroperasi mengisi setiap jalan di berbagai wilayah Indonesia. Lalu, untuk perkembangan transportasi untuk tujuan yang lebih jauh, bus kota bisa mengantar para penumpang hingga tujuan akhir di berbagai kota. Sebagai alternatif lain penggunaan kereta api di Indonesia.

                Wilayah indonesia yang luas, dan terkadang transportasi umum tidak akan masuk sampai pelosok daerah. Makanya, penggunaan sepeda motor di Indonesia jauh lebih besar  peminatnya dari pada di negara lain. hal ini disebabkan kebutuhan untuk menjangkau wilayah yang tidak tersentuh kendaraan umum di pelosok. Perkembangan ini juga dimanfaatkan oleh sebagian pihak untuk menjadi jasa ojek yang  mengantar sampai daerah-daerah kecil.

                Perkembangan transportasi umum juga memberikan pengaruh dalam proses transaksi dalam menggunakan transportasi umum. Kini bahkan hadir aplikasi seperti hadirnya ojek online yang sangat fenomenal kehadirannya kala itu, yang mempermudah penumpang untuk mencari kendaraan umum yang jauh lebih mudah dan murah, yang sama-sama bisa mengantarkan kita ke berbagai macam tujuan yang kita inginkan. Perkembangan ini dipengaruhi oleh kenakalan oknum pemberi jasa ojek dan lainnya yang terkadang mematok harga tak masuk akal dalam memberikan jasa.

                Tingkat kenyaman dan keamanan juga berjalan seiring berkembanganya tranportasi di Indonesia. Sebab pelayanan akan menjadi nilai lebih bagi pelaku bisnis transportasi. Dan setelah berkembangnya teknologi yang memengaruhi perkembangan transportasi, tentu pasti akan lebih banyak lagi moda transportasi baru di masa depan. Sekarang saja, transportasi yang menggunakan listrik sudah mulai berkembang. Semoga hal itu menjadi hal baik untuk menyambut masa depan nantinya.

*dari berbagai sumber

gambar diperoleh dari screenshoot google

#Day11

#Blogspedia

#Blogspediawritingchallenge

0 Comments