Bisnis Onlinemu, Berbasis Marketplace atau Website?



Perkembangan marketplace di Indonesia kian meningkat tiap tahun dan diprediksi akan terus berkembang. Hal ini menjadi kabar baik dan menjanjikan untuk para pemain marketplace. Hampir semua penduduk Indonesia adalah penikmat marketplace karena kemudahan yang ditawarkannya.

Jangan-jangan masih ada yang belum tahu apa itu mareketplace? yuk cari tahu!

Marketplace adalah perantara antara penjual dan pembeli secara online. Sebenarnya punya konsep yang sama dengan pasar tradisional. Orang sering menyebut marketplace sebagai department store online karena produk yang ditawarkan sangat beraneka ragam dari mulai makanan, pakaian bahkan sampai elektronik.

Marketplace yang ada di Indonesia dan yang sering kita gunakan seperti, Tokopedia, Bukalapak, Bli bli dan banyak lagi. Pengunjungnya rata-rata jutaan perhari bahkan untuk Tokopedia bisa mencapai 66juta pengunjung dalam sebulan. Pasar yang besar dan harapan besar untuk para pedagang online. Inilah yang menyebabkan banyak para online shopper tertarik berjualan di marketplace. Siapapun bisa berjualan di aplikasi tersebut

Lantas apa kelebihan yang didapatkan dari marketplace? Tentu banyak sekali, penjual hanya tinggal memajang produk di marketplace tersebut dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Produk juga mudah di cari. Calon pembelipun lebih yakin membeli di marketplace karena sudah terjamin dan terpercaya.

Sebagai pembeli sayapun merasa dilayani dengan baik berbelanja di marketplace selain mudah juga  sistem pembayaran lebih terpercaya. Minim tingkat penipuan.

Selain berjualan di marketplace ada dua jenis olshoper lainnya yang kita kenal,
yang pertama, mereka membuka online shop mandiri, dengan aktif  membuka lapak diberbagai media social seperti facebook dan instagram . Kedua sosmed tersebut adalah pasar empuk bagi para penjual online. Biasanya penjual online seperti ini masih bisa berinteraksi bahkan bisa saling tawar menawar harga dengan calon pembeli.

Kedua, olshoper yang membuka toko online dengan memanfaatkan website. Apa itu website? Website adalah web, situs atau site. Halaman yang digunakan untuk orang berjualan online atau membranding produknya. Disini para penjual dan pembeli memang bisa berinteraksi namun tidak bisa saling tawar menawar biasanya pembeli tinggal klik tombol beli dan bayar sama seperti marketplace.

Begitu banyak online shop dan olshopper namun masih banyak juga yang belum  bisa memanfaatkan website sebagai alat untuk mempermudah bisnisnya. Apakah benar website mempermudah bisnismu sebagai online shopper?

Kenapa olshoper harus punya website? Pasar global yang serba digital memudahkan para online shop untuk memasarkan produknya. Kenapa website? karena dengan website orang akan lebih mudah mencari toko yang terdeteksi google. Kita tahu, menurut data diambil dari laman liputan.6com rata-rata pengguna internet di Indonesia menggunakan waktunya maksimal 7 jam perhari untuk aktif di google dan 4 jam perhari waktu yang dihabiskan untuk berbelanja online. Ini adalah celah untuk pebisnis online.

Dengan website mandiri para olshopper mampu mengatur harga sendiri, menjajakan produk sendiri, menuliskan deskripsi sendiri, dan yang terpenting pembeli bertransaksi langsung dengan penjual tanpa perantara. Ini lebih menguntungkan dibanding berjualan di marketplace.

Lantas mana yang terbaik marketplace atau webesite? Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Di marketplace pasar lebih besar, produk beraneka ragam, Jangkauan lebih luas. para pembeli akan memburu, apalagi masyarakat Indonesia dikenal dengan masyarakat latah, dimana ada tempat paling banyak dikunjungi biasanya ingin mengunjungi pula. 

Sementara website, pengguna bisa leluasa menggunakan websitenya bahkan selain membranding produk pengguna juga bisa membranding dirinya sendiri, atau bahkan berbagi ide atau sharing terkait produknya. Namun produk yang ditampilkan biasanya satu jenis. Keuntungannya, pembeli yang datang ke website adalah orang yang benar-benar datang membutuhkan produk tersebut.

Tertarik membuat website?

Membuat website itu sangat mudah kamu tinggal log in ke blogger atau wordpress dan tentukan nama yang unik untuk tokomu sendiri gratis loh. kalau kamu juga belum punya website dan mau memakai jasa rumah web boleh juga klik  Domain Murah

Agar website toko mu terlacak google maka kamu harus menempelkan domain dibelakang nama web mu seperti akhiran dot com, dot id atau yang lainnya.

kamu sudah punya website namun belum memakai domain? Mau membeli domain yang murah dan cepat? solusinya ada di Domain Murah saya sendiri termasuk pelanggan rumah web. Gampang digunakan, cepat , dan yang pasti murah. Serta pelayanannya pun sangat ramah 24 jam loh.

Ini solusi untuk para online shopper yang baru atau sudah lama berjualan online namun belum punya toko online saatnya  membuka toko sendiri dengan domain yang murah dan cepat. Tidak masalah jika kita sudah bergabung di marketplace, bukankah lebih banyak cabang lebih baik?

Mungkin beberapa penjual berbeda pendapat, sebagian mengatakan keuntungan dari berjualan di marketplace ternyata tidak lebih banyak jika dibanding berjualan online secara mandiri. Berjualan online secara mandiri memang lebih bebas dalam menentukan harga, tidak seperti di marketplace harga saling bersaing dengan yang lain dan biasanya saling menekan harga lebih murah agar lebih cepat terjual.

Menurut saya, baik marketplace atau website sama-sama membawa pengaruh baik. Keduanya saling bersinergi membangun bangsa. Sama-sama menjanjikan dan memiliki masa depan yang cerah.

Kalau menurut kamu?
Comment ya! Semoga bermanfaat.

23 Comments

  1. Bagussss smga jdi referensi yg baik

    ReplyDelete
  2. Blog juga sebetulnya singkatan dari web log (log sendiri artinya aktivitas internet. Jadi blog bisa dikatakan website versi mini dan bersifat pribadi berupa aktivitas internet yang terbatas pada opini pribadi. Tapi kalau untuk jualan online (produk/jasa), skalanya sudah besar, & mempekerjakan banyak orang, memang harus buat website. Nice info

    ReplyDelete
  3. Nah penting nih untuk yg mempunyai bisnis online. Kalau aku sih baru taraf jadi konsumen.hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya konsumen pun bisa memilih online shop kan, jadinya variatif kalau mau belanjs❤️

      Delete
  4. Aku punya olshop sih, tapi baru sampe ke marketplace, blom bikin web sendiri. Bisa dicoba nih...tapi musti punya waktu lebih juga ya untuk mengelolanya.

    ReplyDelete
  5. Saya belum punya toko online, tapi saat ini sedang berencana untuk membuka toko online. Bisa jadi referensi nih, buat saya nantinya apakah mau pakai marketplace atau web. Terima kasih infonya. . .

    ReplyDelete
  6. Selamat memilih dan mencoba kak❤️

    ReplyDelete
  7. Wah bisa jadi alternatif nih ya Teh Mila... memulai lagi bisnis online dg berbasis marketplace ya, domain murah noted. Nuhun Teh

    ReplyDelete
  8. Sama-sama kak, semoga menjadi salahsatu solusi hehe

    ReplyDelete
  9. Enak marketplace, kalau menurut saya Mbak. Meskipun harus bersaing dengan sesama penjuald an sebagian di antara mereka tidak amanah atau mencuri foto dan spesifikasi lalu reupload.
    Kalau website, ribet banget dah.

    ReplyDelete
  10. Hehe iya semua ada kurang lebih nya ya..😁

    ReplyDelete
  11. Selama ini baru memanfaatkan marketplace doang kak,belum kepikiran bikin web buat olshopnya..

    ReplyDelete
  12. Kalau aku sudah dari 2006 pakai marketplace secara itu yg gratis, kalau ada website kan bayar yaa, tp lebih kece & terpercaya jadinya, gpplah sama2 halal dalam cari rezeki 😁

    ReplyDelete
  13. Saya belum ada usaha bisnis Mbak tapi kalau misalkan ada dua-duanya menarik sih tapi kayaknya saya prefer punya website sendiri jadi keliatan lebih profesional aja sih.

    ReplyDelete
  14. Mbak itu nama blognya ada centangnya apakah berarti sudah terverifikasi ? Serius nanya sya. Dulu sya pikir buat website itu sulit. Ternyata setelah sya gabung di komunitas blogger pemikiran sya keliru. Kalau mau utak atik sendiri, kita bisa punya usaha dengan menggunakan nama website sendiri.

    ReplyDelete
  15. Seperti di dua mata pisau tehnologi bisa membawa dampaknegatif dan positif, namun jika kita tempatkan pada yang tepat,tehnologi akanbanyak membantu kita,seperti juga toko online akan sangat membantu mengenalkan produk kita bukan hanya pada pasar lokal bahkan bisa juga ke mancanegara.

    ReplyDelete
  16. Secara pribadi saya lebih percaya pada toko online yang punya website, pernah beli di market place tetapi jarang dan disertai rasa ragu. Mungkin ada baiknya pebisnis online punya toko di media sosial untuk sosialisasi penasaran, market place untuk memudahkan diketahui khalayak, dan website untuk membuat masyarakat percaya.

    Bagaimanapun inti utama bisnis adalah kepercayaan dan manajemen yang baik selain penasaran dan produk yang berkualitas berikut pelayanan.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik, positif dan membangun.....