Review Gadget: Vivo Y50 Smartphone Setiaku


        Kita sudah hidup di zaman canggihnya teknologi, Salah satu gadget yang wajib dimiliki orang-orang zaman sekarang adalah smartphone. Apalagi sekarang adalah zaman dimana orang-orang menggunakan smartphone sebagai alat berkreasi di media sosial. Begitu juga dengan saya, saalh satu smartphone yang saya pakai untuk membuat konten adalah Vivo Y50. Smartphone keluaran Vivo di kelas menengah dengan fitur yang bagus.

 

            Vivo Y50 keluar di tahun 2020, jika dibanding dengan sekarang tentu sudah cukup tua ya. Tapi, Vivo Y50 ini adalah smartphone yang menemani saya dalam membuat konten. Mengambil foto, merekam video dan sosial media. Apalagi memori internal sudah cukup lega di 128 GB.

Desain Vivo Y50

            Saat keluar di tahun 2020, desain smartphone memang sudah berbentuk itu. Apalagi, yang paling membedakan itu lebih ke desain kameranya. Dari body, Vivo Y50 punya desain backcover yang melengkung dengan sidik jari di belakang punggung dan kamera dalam bingkai persegi panjang di pojok atas. Desain yang simpel dan khas di tahun itu. Di bagian depan, kamera gaya punch hole di samping menambah indah bagian depannya.

            Bahan Vivo Y50 terbuat dari plastik polycarbonate dengan efek glossy yang tersedia dengan pilihan warna irish blue dan starry black. Punya saya, Vivo Y50 dengan warna irish blue. Namun selera ada di pilihan masing-masing. Bezel Vivo Y50 cukup tipis, jadi terlihat seperti smartphone mahal.

            Slot kartu di Vivo Y50 bisa buat 3 slot dan sudah type-c. Beratnya memang 200 gram, tapi baterainya 5.000 mAh. Jadi tetap awet meski agak berat sedikit. Baterai ini penting banget untuk keseharian saya yang aktif di sosial media. Baterai sebesar ini memang standar smartphone zaman sekarang. SoT Vivo Y50bisa sampai 6 jam lebih, bahkan smartphone ini tahan sampai 2 hari. Kecepatan chargenya hanya 15W. Tapi, itu sudah cukup, karena hanya membutuhkan 2-3 jam untuk mengisi baterai smartphone ini sampai penuh.

Layar dan Kamera Vivo Y50

            Layar Vivo Y50 beresolusi full Hd. Jernih banget buat nonton dengan bentang layar 6,53 inchi bukan hanya untuk nonton, buat video, editing, bahkan live di sosial media jadi lebih menyenangkan. Gak kebayang kalo layarnya kecil. Ditambah, kualitas video yang tidak  mengecewakan untuk pemula. Jadi enak banget. Kualitas kamernya juga bagus, dibekali dengan quad camera.  Kamera utama di belakang beresolusi 13 MP. Cukup banget buat jepret setiap moment. Tambahannya ada 8 Mp wide-angle 2MP super bokeh dan 2 MP super macro. Di bagian depan, ada 16 MP pas banget buat nge-live di sosisal media, jernih.  Apalagi internal memori yang lega, tidak bikin pusing pasang aplikasi atau jepret poto sana sini.

            Fitur kamera Vivo Y50 itu ada banyak, mulai beauty filter, bokeh, sampai AR stiker. Bahkan, punya fitur time-lapse dan slo-mo juga. Untuk harganya, ini fitur yang bagus banget. Soalnya tidak banyak smartphone yang kasih fitur bejibun gini. Fitur mode malamnya juga ada, namanya super night camera. Bisa buat poto yang minim cahaya jadi lebih terang dan jelas. Bagus buat foto-foto di waktu malam hari.

            Hasil fotonya cukup bagus, seperti ini



 

Performa Vivo Y50

            Kalau urusan jeroan, Vivo Y50 menggunakan chipset Snapdragon 665 yang cukup handal di tahun ini. Kualitasnya standar sih untuk harga dan zaman sekarang. Meski begitu jujur, untuk dipakai harian udah sangat ampuh banget. Saya juga bukan tipe yang handal dan paham sama prosesor seperti ini. Yang pasti jangan samapi lagging kalalu mau dipakai. Udah cukup itu pun. 

            Vivo Y50 juga dibekali dengan sistem operasi android 10 dan FunTouch OS 10 yang punya segudang fitur. Gak bisa disebutkan satu-satu. Yang pasti, keseharian kita banyak terbantu. Paling enak, layar yang bisa dibagi 2, jadi multitasking nya enak. Gak lupa, fitur andalan vivo, Jovi punya banyak fitur unggulan, salah satunya manajemen gaya hidup. Suka banget, apalagi saya lagi program diet.

            Vivo Y50 dibekali dengan RAM 8 GB yang bisa bantu jalankan banyak aplikasi. Sehingga, multitaskingnya jauh lebih berasa lancar. Apalagi, internal memory-nya yang 128 GB, bisa simpan banyak dokumen tanpa harus tambah extra. Bahkan, konten saya juga cukup banget dengan jumlah internal yang dimilkim Vivo Y50.

            Dengan snapdragon 665, performa gaming di Vivo Y50ini cukup terbilang lancar untuk game-game kasual yang sekarang sedang ramai dimainkan. Seperti Mobile Legend atau pun free fire. Tapi, karena smartphone ini tidak dipakai untuk main game, jadi saya tidak khawatir jika Vivo Y50punya saya gak mampu main game apapun. Yang jelas, urusan sosial media dan chatting di WhatsApp itu bisa berjalan lancar tanpa kendala.

            Penggunaan Vivo Y50 selama ini cukup memuaskan dan lebih dari cukup. Semua fitur mendukung aktivitas online saya di media sosial. Tentu masih banyak kurang. Namun, ini review  subjektif yang saya rasa dari samartphone saya selama penggunaan yang mau tiga tahun ini.

Tentu, jika dihitung sekarang 2023, sudah tidak zaman ini smartphone. Banyak yang jauh lebih oke. Saya juga ingin upgrade untuk perbaikan kualitas konten. Tapi, review ini hanya untuk mengenang perjuangan Vivo Y50 ini bersama saya. tentu saya akan mencari smartphone baru yang lebih baik secara performa untuk tahun-tahun selanjutnya, dan mungkin akan menjatuhkan hati pada Vivo lagi. Namun, Vivo Y50 ini mungkin akan digunakan anak saya nantinya, sayang saja kalau dijual begitu saja hehe.

#blogspediawritingchallenge

#day10


11 Comments

  1. Saya tipe yang beli hp juga gak terlalu memperhatikan fitur aneh. Asal bisa dipakai komunikasi, bisa ngeblog dan ngonten di hp, bisa foto dan video yg lumayan, udah cukup. Sadar diri mah, budgetnya ga seberapa soalnya wkwk 😂😂

    ReplyDelete
  2. Vivo ini emang keren kameranya. Hpku yang terhibah juga dulu Vivo, serius dia tahan banting padahal sempat beberapa kali jatuh dari kasur. Tapi ada juga nggak enaknya, Vivo yg dulu itu (yang Y21) OSnya modifikasi dari android, jadi tampilannya beda dan kadang bikin beberapa app nggak jalan. 🥲

    ReplyDelete
  3. Wah saya pengguna Vivo juga selama hampir 5 tahun, yang Y12 malah meskipun dia bulan ini ganti yang baru dan Vivo sekarang dipakai anakku. Paling suka kameranya sih aku, bagus dan lumayan jernih plis bisa edit foto juga di galeri.

    ReplyDelete
  4. Aku pun pakai Vivo hahaha ... Dulu sih suka underestimate dengan produk ginian. Tapi nyatanya udah 2 tahun pakai brand ini dan aman saja.

    ReplyDelete
  5. Betul, klo spek bagus mah jgn dijual meskipun ganti baru. Soalnya kadang nyesek juga HP keren pada zamannya pas dijual harganya menukik tajam 🥲

    ReplyDelete
  6. Jadi sebenarnya HP Android saja cukup ya. Aku juga penggemar android dari dulu sampai sekarang. Tidak perlu yang wah banget. Karena sebenarnya konsisten menulis lebih penting daripada jenis Hp nya. Apalagi sekarang banyak HP OK dengan harga terjangkau seperti Vivo ya kan.

    ReplyDelete
  7. Gadget Vivo ini kualitasnya bagus rata rata menang di camera vivo hasilnya cetar.

    Kalau kata temen2 hasil foto vivo kek operasi operasi plastik bening tampak cakep kitanya.(gusti yeni)

    ReplyDelete
  8. Wah saya belum pernah nyoba HP merek Vivo, beberapa kerabat menggunakan produk ini dan kayanya bagus dan bisa jernih hasil jepretannya cuman saya ga tahu niy tipenya ini apa bukan, tapi emang hasil photonya bagus banget sih dan wow bisa 3 kartu ya

    ReplyDelete
  9. Sekarang ini smartphone cepat sekali ya upgradenya dan teknologi nya semakin canggih kadang kita beli tahun 2022, 1 tahun kemudian udah keluar seri baru

    ReplyDelete
  10. Kualitas kamera VIvo memang tak perlu diragukan lagi. Soal dalamannya juga bisa diandalkan untuk kegiatan cukup berat seperti editing video.. Keren nih hpnya

    ReplyDelete
  11. Kalau kebutuhan sehari hari masih oke pakai vivo Y50 mba. Cuma kalau dibandingkan dengan sekarang bener sih Vivo y50 sudah bukan trendnya lagi.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik, positif dan membangun.....