Upaya Pelestarian Alam Bawah Laut

peran manusia dalam pelestarian bawah laut

 

Alam itu luas cakupannya. Terkadang kita hanya melihat alam berdasarkan lebih banyak mana yang mata kita lihat. Padahal di luar itu banyak sekali bentuk alam yang mungkin belum tersentuh oleh kita. Jika biasanya, kalau berbicara alam mungkin hanya gunung dan laut saja. Padahal, jika kita berbicara laut, bukan hanya permukaan air saja, tetapi bagian dari dalamnya juga.

Berbicara alam tentu berbicara juga tentang tugas kita untuk ikut berkontribusi melestarikannya. Kalau alam yang ada didarat, mungkin kita masih bisa membayangkan bagaimana caranya ikut melestarikan kondisinya. Tetapi, bagaimana dengan laut? Bukan hanya permukaannya, tetapi laut bagian dalam. Bawah laut. Sulit sepertinya kita membayangkan kehidupan di bawah laut. Padahal, banyak makhluk hidup yang hidup di dalamnya. Kita sebagai manusia tentu memegang tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan alam bawah laut selayaknya kita melestarikan alam di daratan.

Aktivitas manusia banyak sekali mengganggu kestabilan ekosistem alam di bumi. Termasuk akhirnya berujung di lautan. Masalah sampah saja yang di daratan belum kunjung usai, malah marak berserakan di laut. Padahal, di lautan tidak ada manusia yang hidup lama, lautan hanya jadi akses untuk mencapai daratan lain. sehingga, tidak akan ada yang membantu membersihkan lautan. Masa kita harus minta bantuan putri duyung? Itu hanya mitos. Sekalipun ada, bukan tanggung jawab dia untuk membersihkan lautan. Iya, gak sih?

Jika kita membiarkan diri kita melakukan hal-hal yang merusak alam, bagaimana dengan masa depan. Tidak ada harapan bagi anak cucu kita melihat banyak keindahan jika kita masih seperti ini. Maka dari itu, saya ingin menulis tentang ajakan untuk memelihara pelestarian alam di bawah laut. Terlebih wisata bawah laut di Indonesia sangat diakui oleh dunia. Masa kita sebagai warga negaranya malah berlaku merusaknya.

ALAM BAWAH LAUT

Tidak sama seperti apa yang kita bayangkan, alam bawah laut atau dasar laut memiliki bentuk yang beragam layaknya di darat. Alam bawah laut adalah wilayah lautan yang berada di kedalaman laut yang dihitung dari permukaan air yang terlihat di daratan. Bentuk yang tidak sama rata ini menunjukkan bahwa di dalam lautan terdapat banyak bentuk-bentuk muka bumi yang sama seperti di daratan, namun tertutup dengan air. Bentuk muka bumi di dalam laut ini disebut dengan morfologi dasar laut. Ini yang harus kita jaga kelesatariannya. Sebab, layaknya di daratan, di lautan pun ada gunung, pulau dan bentuk lainnya, yang akan rusak jika kita tak menjaganya.

Morfologi dasar laut ini ada dalam beberapa bentuk, diantaranya sebagai berikut

1. Continental Sheif 

Yaitu dangkalan di sepanjang pantai. Dangkalan ini adalah daratan yang terkena air pantai. Di sini adalah tempat hidupnya berbagai macam jenis ikan dan tumbuhan, mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sebab cahaya matahari masih dapat menembus air laut pada kedalaman ini.

2. Continental slope

Yaitu lereng benua. Lereng benua ini merupakan kelanjutan dari dangkalan, berarti lebih dalam sedikit. Dengan kedalaman lebih dari 200 meter di bawah permukaan laut.

3.  Volcanic island

   Yaitu pulau volkanik. Pulau ini merupakan sebuah pulau yang berada di dasar laut dan berapi. Bentuknya seperti gunung yang dasarnya ada di dalam laut, akan tetapi puncaknya bisa muncul di permukaan laut. Kedalammnya bisa lebih dari 1.800 meter di bawah permukaan laut. Gunung tertinggi di daratan mencapai tinggi 8.000 meter. Bisa dibayangkan dasar gunung everest terendam air, dan puncaknya terlihat di permukaan. Begitulah gambaran gunung di dalam lautan, di tambah ini gunung berapi. Sungguh menakjubkan dunia ini.

4   4. Ridge atau punggung laut, 

  Yaitu bagian pegunungan yang ada di dasar laut yang memanjang di bumi. Puncak pegunungan bisa berada lebih dari 1.800 meter dibawah kedalaman laut. Kaki pegunungannya berarti bisa lebih dalam lagi

     5. Abial plain atau lubuk laut 

  Merupakan cekungan yang berada di dalam laut yang mencapai kedalaman 2.000 m di bawah permukaan laut. Bisa disebut dengan basin juga. Cekungan ini merupakan bentuk dataran di bawah laut yang menyerupai bukit-bukit yang puncaknya tidak muncul ke permukaan laut.

      6. Palung atau trench 

  Merupakan wilayah dasar lautan yang sangat tajam dan dalam serta sempit. Kedalamannya mencapai ribuan merer. Bahkan, misteri lautan yang memiliki dasar terdalam di Palung Mariana yang kedalamannya mencapai 11.000 meter di bawah permukaan air laut. Jika Everest di balik, masih ada 3.000 meter lebih untuk mencapai dasarnya. 

     7. Drempel atau ambang laut 

   Merupakan pegunungan di dasar laut yang berada antara 2 laut yang juga dalam. Seamount atau gunung laut, merupakan gunung-gunung yang berada di dasar laut dan tidak mencapai permukaan. Sama seperti lubuk laut, namun ambang laut berada di dasar laut yang lebih dalam dan bentuknya seperti gunung dengan puncak yang mengerucut, tetapi tidak sampai ke permukaan.

Upaya Pelestarian Alam Bawah Laut


Itulah gambar lautan dalam yang rupanya seperti bumi di daratan, hanya saja tertutup air yang datar, karena sifat air yang mengikuti ruang objek yang diisinya. Jika air itu dibuang, maka kita yang tengah berdiri daratan bisa melihat dasar-dasar laut yang memiliki beragam bentuk.

Lalu, karena manusia tidak hidup di dasar laut. Maka, hal-hal buruk yang kita lakukan di daratan, yang dampaknya berakhir di lautan akan mengganggu ekosistem di bawah laut. Dan alam di bawah laut tidak bisa bekerja sendiri untuk mengurusi hal-hal yang kita buang ke laut. Oleh karenanya kita punya tanggung jawab besar untuk melestarikan alam di bawah laut. Sebab, meski tenang dan misterius. Kita harus yakin di dasar laut masih banyak jenis makhluk hidup yang akan terganggu hidupnya dengan kerusakan yang kita lakukan

Upaya Melestarikan Alam Bawah Laut

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga alam bawah laut tetap indah dan terjaga. Sebab, sumber daya alam yang berada di laut dapat dimanfaatkan juga oleh manusia. Jika kita hanya merusaknya, maka sebenarnya kita juga semakin mengurangi keuntungan yang kita dapat dari bumi. Karena bagaimana pun air merupakan pokok utama yang dibutuhkan manusia. Jika air rusak, maka kehidupan pun akan rusak.

Berikut adalah upaya yang dapat kita lakukan sebagai manusia untuk menjaga alam di dasar laut, diantaranya:

1. 1. Menghemat penggunaan air, sebab jumlah air tawar yang digunakan manusia terbatas. Sehingga, perlu untuk menghemat penggunaan air dengan bijak.


2.    Menggunakan bahan-bahan alami. Pengaruh polutan dari bahan-bahan kimia produk rumah tangga yang biasa kita gunakan ternyata menjadi limbah yang mencemari lingkungan laut. Apalagi limbah industri, makanya harus lebih diperhatikan untuk para pengelola industri yang menghasilkan limbah untuk tidak menimbulkan pengaruh buruk ke lingkungan.


3.      Pengelolaan sampah, ini adalah PR masyarakat dunia, termasuk indonesia yang masih kurang dalam pengelolaan sampah. Bisa kita lihat tempat penampungan sampah di daratan yang begitu menggunung. Bayangkan saja, bisa jadi di lautan pun sampah-sampah kita dari darat mengendap di dasar laut dan tidak ada yang pernah mengurusi itu. Kasihan sekali hewan-hewan laut di lautan yang harus menerima akibatnya.


4.      Penangkapan ikan bertanggung jawab. Bagaimana pun segala hal yang berlebihan tidak baik. Begitu pun eksploitasi sumber daya alam di lautan, hal ini mengganggu ekosistem biota laut di lautan. Maka dibutuhkan kesadaran untuk mengurangi penangkapan ikan berlebih.


5.     
Melindungi habitat biota laut. Ini adalah cara lanjutan yang bisa dilakukan setelah hal-hal di atas bisa berlaku. Jika aktivitas merusak alam yang kita lakukan sudah bisa teratasi, maka melindungi adalah upaya selanjutnya. Jangan sampai proses yang kita lakukan tidak dilakukan dengan terus menjaga dan melindungi alam di bawah laut.


6.      Pelestarian alam bawah laut, proses ini adalah langkah terakhir setelah upaya kita lakukan semua. Proses menjaga agar alam tidak rusak lagi adalah hasil dari kita mengupayakan pembiasan untuk tidak merugikan alam. Karena akibat dari kita merugikan alam adalah merugikan diri kita sendiri.

Semoga kita makin sadar dan mulai melakukan gerakan untuk melindungi dan melestarikan alam. Agar kita terus bisa merasakan manfaat yang diberikan alam untuk kita.

(dari berbagai sumber, gambar dari screenshoot google)

#day13

#blogspedia

#blogspediawritingchallenge

0 Comments