Dukungan Blogger Terhadap Sustainability

Dukungan Blogger Terhadap Sustainability
Berbicara tentang sustainability sepertinya umum di gunakan untuk para pemerhati lingkungan, karena istilah tersebut sering digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang berhubungan dengan lingkungan namun ternyata sekarang istilah sustainability sering diterapkan pada aspek ekonomi atau bidang usaha. Memang agak sedikit membingungkan dengan istilah tersebut, namun saya akan berusaha menjelaskan secara baik. 

SUSTAINABILITY

Apa yang di maksud dengan sustainability? sustainability secara bahasa inggris dapat diterjemahkan dengan berkelanjutan atau keberlangsungan. Istilah ini banyak digunakan oleh para pecinta lingkungan.

Pada tahun 1987 Komisi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mendefinisikan Sustainability dengan "memenuhi kebutuhan hari ini tanpa mengorbankan hak generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri"

Dengan kata lain, Sustainability ini berarti menjelaskan bahwa sumber daya alam dan keanekargaman bumi pada akhirnya akan habis yang pada gilirannya menjadi penyebab keruntuhan ekonomi dan sosial. Oleh sebab itu sustainability berupaya membuat kehidupan lebih baik bagi generasi mendatang serta melestarikan sumber daya alam demi kehidupan di masa depan. 


Pentingnyan Memahami Sustainability

Lantas apa pentingnya kita memahami sustainability? Sustainability ini berlaku untuk seluruh negara, dan setiap negara memiliki kewajiban moral untuk mencapai target dan tujuan pembangunan berkelanjutan. Kita semua harus mendukung gerakan ini sebab akhir-akhir ini telah terjadi banyaknya kerusakan alam , maka kita penting memahami sustainability, tidak hanya untuk masa kini melainkan juga untuk kebutuhan generasi masa mendatang. 

Selain itu Sustainability juga bertujuan  agar manusia dapat hidup berdampingan dengan aman di planet bumi ini dalam waktu yang lama.

Bagaimana Cara Mewujudkan Sustainability

Awalnya istilah sustainability memang digunakan untuk lingkungan,namun pada kenyataannya  sustainability memang saling terhubung dengan aspek lain seperti  kepedulian lingkungan, kesejahteraan sosial dan pertumbuhan ekonomi

Berikut tiga aspek utama dalam sustainability:

1. Aspek Lingkungan

Aspek ini berfokus pada keseimbangan dan pemberdayaan lingkungan serta memanfaatkan sumber daya alam secara baik dan bijak demi keberlangsungan lingkungan yang baik di masa yang akan datang.

2. Aspek Sosial

Berkelanjutan sosial merupakan bentuk tanggung jawab secara sosial dimana hal tersebut bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesejahteraan, keamanan, kesehatan, ketahanan pangan, serta keadilan sosial. 

3. Aspek Ekonomi

Keberlanjutan dalam aspek ekonomi atau sering disebut juga sebagai business sustainability adalah bisnis yang bisa eksis dari waktu ke waktu serta mampu mencapai keuntungan perusahaan yang stabil atau meningkat. 

Singkatnya, fokus business sustainability mencoba pada pelestarian sumber daya alam yang menyediakan input fisik untuk produksi ekonomi, termasuk sumber daya atau bahan baku terbarukan dan yang dapat habis. 


Kemudian bagaimana cara kita mendukung atau membantu pemerintah untuk mewujudkan sustainability? Banyak hal yang bisa kita lakukan dari hal sederhana seperti menyortir sampah organik dan non organik, mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari, menghemat air  sampai menjaga lingkungan alam seperti lingkungan daratan bumi dan pelestarian alam bawah laut.

Dukungan Blogger Terhadap Sustainability 

Lantas, kita sebagai blogger, what will we do? saya akan menuliskan beberapa cara blogger untuk mendukung terwujudnya sustainability.

Blogger adalah seseorang yang membuat atau memiliki dan mengelola blog , membagikan pandangan serta perspektif kepada audiens untuk tujuan pribadi atau bisnis.

Selain itu kita sebagai blogger, bisa ikut andil menginformasikan atau mengkampanyekan hal-hal baik melalui tulisan yang diharapkan mampu mengajak audiens untuk melakukan hal serupa atau meningkatakan awareness audiens tentang topik tertentu. Seperti saat ini mengenai sustainability.

Berikut beberapa cara blogger  mendukung sustainability:

1. Membudayakan Literasi 

Budaya literasi di Indonesia termasuk yang terendah baik itu budaya membaca atau pun budaya menulis Bahkan Indonesia merupakan negara dengan peringkat ke 60 dari 61 negara yang di survey (menurut data unesco pada tahun 2016)  dan menurut Program for International Student Assesment (PISA) Indonesia merupakan 10 negara tingkat literasi rendah pada tahun 2019 yakni peringkat ke 62 dari 70 negara yang di survey.

Dengan aktif menulis di blog setidaknya kita telah mendukung pemerintah membudayakan literasi dalam bidang menulis terutama menulis di sosial media. Dan tulisan tidak akan pernah ada tanpa membaca. 

2. Mengkampanyekan Hidup Sehat

Sekecil apapun peran kita untuk menebarkan hal-hal baik demi keberlangsungan insya Alloh ada manfaatnya meskipun hanya dalam sebuah tulisan di blog. Kita bisa menulis banyak hal terkait tema hidup sehat. Bahkan saya sudah membuat akun tiktok dengan niche kesehatan dan sudah berencana juga  membuat akun blog dengan tema yang sama. Karena sangat miris sekali gaya hidup sehat sudah sedikit memudar di lingkungan kita. 

3. Sharing Tentang Ilmu Baru

Beberapa bulan yang lalu saya ikut kegiatan untuk orangtua penggerak dan dibekali banyak ilmu baru untuk membantu para orang tua mendukung atau menciptakan lingkungan yang sehat untuk anak belajar di rumah. Kegiatannya berupa sharing ke para orang tua murid di sekolah-sekolah tingkat PAUD atau SD. Selain sharing secara offline kegiatannya juga di share di media sosial untuk mengajak para orang tua melakukan hal yang sama. 

4. Peduli Terhadap Lingkungan

Selain menulis di blog atau sharing di media sosial kita juga harus memedulikan lingkungan sendiri di dunia nyata mulai dari hal sederhana seperti  membuang sampah pada tempatnya, menyortir sampah, menanam pohon, membawa tas sendiri ketika berbelanja, membawa bekal minum sendiri ketika bepergian, mengurangi penggunaan bahan plastik dan menggantinya dengan bahan yang mudah  melebur dengan alam seperti kertas. Dan tentu masih banyak hal lain yang bisa kita kerjakan untuk mlestarikan lingkungan

Penutup

Itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendukung terwujudnya sustainability, dengan kita ikut mengkampanyekan kelestarian lingkungan kita telah membantu generasi masa depan untuk menikmati hal-hal baik terkait lingkungan, sosial dan ekonomi yang stabil di masa mendatang. Jangan lelah berbagi kebaikan semoga dari tulisan sederhana ini mampu meningkatkan keasadaran dan kecintaan kita semua terhadap lingkungan. 

semoga bermanfaat.

(dari berbagai sumber)

#day14
#blogspedia

0 Comments