5 Rekomendasi Camilan Dari Aci

5 Rekomendasi Camilan Dari Aci

Masing-masing daerah memiliki jajanan pasar atau street food atau jajanan kaki lima yang berbeda, Indonesia termasuk negara yang memiliki street food paling banyak. Street food dijajakan ditempat terbuka bisa berupa warung atau gerobak yang menyajikan makanan atau camilan siap santap yang praktis dikonsumsi di jalan.

Street food Indonesia diantaranya yang paling umum dan sering kita temui seperti martabak, gorengan, bakso, sate, mie ayam, nasi goreng sudah tidak asing lagi. Banyak sekali berjejer di jalan-jalan  kita lewati sehari-hari. Kalau kita lapar tidak akan sampai kelaparan di jalan, itupun kalau kita pegang uang ya hehe

Ngomong-ngomong soal camilan, saya selalu teringat dengan camilan khas Sunda yang berbahan dasar dari tepung tapioka atau tepung kanji atau aci. Ada banyak nama makanan dari sunda yang diawali dengan kata Ci, Ci  adalah singkatan dari aci atau tepung kanji. Misalnya cireng (aci digoreng), cilok (aci dicolok), cilung (aci digulung), cibay (aci ngambay), cimol (aci digemol), cipuk (aci kurupuk), cimin (aci mini), cilor (aci telor),cihu (aci tahu),cipet (aci kajepet), cirambay (aci ngarambay), cipak koceak (cimol dempak), dan mungkin masih banyak lagi yang tidak saya hapal hehe.

             

Nama-nama diatas adalah camilan dengan bahan baku aci yang murah meriah dan enak sering kita temukan di street food atau ditempat jajanan anak sekolah, dan bisa dinikmati semua orang dari mulai anak-anak hingga orang dewasa. selain harganya sangat terjangkau rasanyapun sangat variatif dan nagih.

Makanan berbahan dasar aci ini menjadi salah satu camilan favorit kami di rumah, bahkan kamipun sering  berburu camilan ini untuk dinikmati bersama keluarga biasanya kalau cuaca dingin makanan aci ini selalu menjadi andalan apalagi jika disajikan dalam keadaan panas dan pedas, membuat tubuh menjadi hangat.

Rekomendasi Makanan Aci Ter-ngeunah

1. Cireng (Aci di goreng)
Cireng sudah ada sejak masa saya kanak-kanak, makanan ini bertekstur kenyal dan yang paling sering dijumpai karena proses pembuatannya tidak begitu sulit. Setelah menjadi adonan  tinggal di goreng saja, disajikan dengan saus cabe rawit. 

Seiring waktu berubah cirengpun menjadi lebih variatif lagi jenisnya dari mulai cireng rujak, cireng kuah, cireng isi, cireng mozarella dan banyak lagi. 

Cireng jadul sendiri, hanya terdiri dari aci saja sebagai bahan pokoknya. tiada yang lain.

2. Cipet (Aci kajepet)
Beberapa waktu terakhir ini, saya menikmati camilan yang bernama Cipet.. saya tidak tahu proses pembuatannya karena memang belum pernah melihat, tapi uniknya cipet ini memang sepertinya tidak digoreng melainkan di jepit dengan menggunakan alat jepit, memiliki tekstur yang super kenyal disajikan dengan kuah bening yang berisi tumbukan cabe rawit dan kencur.

3. Cilok (Aci di colok)
Cilok juga merupakan camilan aci yang proses pembuatannya tidak digoreng melainkan di kukus dan ada di beberapa daerah yang membuat cilok itu direbus. Pembuatannya sendiri sebelum dikukus itu sama dengan membuat cireng.

Disajikan dengan bumbu kacang yang  gurih dan manis, namun kini ada juga yang menyajikannya dengan kuah sambel goang.

4. Cirambay (Aci Ngarambay/Terurai)
Aci yang satu ini berbeda dengan adonan aci sebelumnya karena saya melihat cirambay ini bentuknya seperti mie kwetiaw disajikan dalam cup dibumbui dengan sambal merah pedas. Rasanya Enak asal tidak berlebihan saja mengkonsumsinya, bisa ketagihan hehe 

5. Cimol (Aci digemol)
Nah ini dia yang paling digemari, camilan paling favorit ini sekilas mirip cireng namun bentuknya yang kecil dan bulat membuat kami ingin terus melahapnya tanpa henti haha

Saking sukanya dengan cimol, bahkan kami sering membuatnya dirumah dan memang sangat mudah sekali dipraktekan. Kebetulan kemarin saya pumya tepung bumbu putih dari Kobe tepung putih ini merupakan tepung tapioka yang dikemas secara modern dengan inovasi baru. Inovasi terlihat dari tekstur tepung kristal, butiran tepung renyah yang membuat hasil lapisan lebih krispy dan lebih tebal. Tidak perlu ditambahkan garam atau penyedap lagi karena sudah memiliki rasa yang enak.

Resep Cimol 

5 Rekomendasi Camilan Dari Aci

Cara membuat Cimol dengan menggunakan tepung bumbu putih dari kobe.

1. Masukan tepung bumbu putih kobe kedalam wajan
2. Tambahkan air secukupnya
3. Nyalakan kompor dengan api sedang
4. Diaduk hingga adonan menjadi kental dan sekiranya sudah bisa dibentuk bulat
5. Jika sudah dingin, bentuk adonan menjadi bulat sesuai selera
6. Goreng di minyak yang dingin beberapa saat sebelum digoreng dengan minyak panas untuk menghindari cimol meletup -letup
7. Jika sudah matang, angkat dan hidangkan taburi dengan boncabe sesuai selera

Mudah sekali bukan? Membuat cimol sendiri di rumah juga bisa enak loh bahkan bisa jadi banyak.

Cimol  ternyata ada generasi barunya juga loh namanya cimoring atau cimol kering cara pembuatnnya sama, mungkin di gorengnya lebih lama sampai cimolnya benar- benar kering.  Selain cimoring, ada juga Cipak atau cimol dempak, bentuknya tinggal diubah saja menjadi dempak atau pipih kemudian digoreng sampai kriuk, kalau cipak disajikannya dengan bumbu basah seperti bumbu balado.

Itu dia makanan atau camilan favorit kami, yang perlu diketahui makanan berbahan dasar aci ini tidak membosankan meskipun dimakan setiap hari, harganya terjangkau sehingga hampir tidak mungkin kalau orang main ke Bandung, tasikmalaya, Garut atau daerah sunda lainnya tidak merasakan camilan ini, minimal cireng dan cimol tahu lah ya hehe

kira-kira di daerahmu camilan yang hits di street food-nya apa nih? kasih tahu dong di kolom komentar, Terimakasih.

Day2
#blogspedia




 

0 Comments