Cara Top Up ShopeePay lewat MBanking, Nggak Pakai Ribet!

top up shopee pay via MBanking
Gambar dari. freefik,com 




 Kemajuan teknologi memunculkan banyak kebiasaan baru, salah satunya tren belanja online. Tren ini terjadi karena kemudahan dalam bertransaksi, yakni pembelian barang bisa dilakukan secara digital tanpa perlu datang ke toko. Cukup dengan smartphone, Anda bisa menikmati manfaat mobile banking untuk kebutuhan transaksi belanja online, seperti pembayaran dan pengisian saldo e-wallet

Ada banyak e-commerce yang bisa Anda akses untuk belanja online, seperti Shopee, Tokopedia, BliBli, Lazada, dan lainnya. Beberapa e-commerce bahkan menyediakan fitur dompet digital untuk memudahkan penggunanya dalam bertransaksi. Shopee misalnya, memiliki fitur e-wallet ShopeePay.  

Untuk menggunakan ShopeePay Anda harus memiliki saldo terlebih dahulu. Saldo ShopeePay bisa Anda isi melalui mobile banking. Cara melakukannya sangatlah mudah dan cepat, tidak sampai lima menit. Sayangnya, sebagian orang masih belum tahu manfaat mobile banking untuk kebutuhan transaksi di era digital, seperti top up e-wallet ini.


Cara Top Up ShopeePay Menggunakan MBanking

Untuk bisa menggunakan fitur ini, Anda perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Selanjutnya Anda bisa melakukan top up atau pengisian saldo ShopeePay agar bisa digunakan untuk melakukan pembayaran saat membeli barang.

Contohnya ketika Anda ingin top up ShopeePay menggunakan Mbanking PermataMobile X. Untuk bisa mengakses layanan ini, Anda perlu memiliki akun PermataMobile X terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa anda unduh di Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna Apple). 

Apabila Anda sudah memiliki akun PermataMobile X, Anda bisa langsung melakukan top up ShopeePay secara mudah mengikuti langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi PermataMobile X. Login dengan memasukkan password

  2. Setelah berhasil login selanjutnya pilih menu isi ulang di halaman utama PermataMobile X.

  3. Anda akan diarahkan ke halaman layanan isi ulang. Pilihlah isi ulang ShoppePay.

  4. Masukkan nomor HP akun ShopeePay yang akan Anda top up.

  5. Silakan konfirmasi data apabila nama akun ShopeePay anda sudah sesuai.

  6. Masukkan nominal saldo yang ingin anda top up ke ShopeePay. Minimal top up Rp10.000

  7. Periksa kembali semua data transaksi top up ShopeePay Anda. Jika sudah benar, silakan konfirmasi transaksi Anda. 

  8. Terakhir, masukkan pin PermataMobile X.

  9. Selamat, proses top up Anda telah berhasil.

Pihak Shopee akan membebankan biaya top up ShopeePay lewat PermataMobile X sebesar Rp500 per satu kali transaksi. Saldo ShopeePay Anda akan terpotong secara otomatis untuk membayar biaya admin tersebut.

Manfaat Mobile Banking

Mobile banking atau Mbanking adalah aplikasi keuangan digital yang dihadirkan oleh pihak bank kepada nasabahnya agar lebih mudah bertransaksi di era ini. MBanking bisa Anda akses melalui smartphone yang tersambung dengan internet. Lewat MBanking, nasabah dapat melakukan berbagai transaksi keuangan kapanpun dan dimanapun karena layanannya tersedia selama 24 jam.

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh MBanking kepada penggunanya. Berikut ini beberapa manfaat ketika Anda menggunakan MBanking.

  1. Aktivitas Transaksi Perbankan Lebih Praktis dan Fleksibel

Hadirnya mobile banking membuat transaksi perbankan bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Jadi Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk datang ke bank atau ke ATM. Apalagi saat berada dalam kondisi mendesak dan harus melakukan transaksi, seperti kirim uang, membayar tagihan, top up e-wallet, dan lainnya. 

  1. Keamanan Terjamin

MBanking memiliki sistem keamanan yang tidak perlu Anda khawatirkan. Pihak bank menerapkan keamanan yang sangat ketat pada MBanking. Bank selalu berusaha untuk menjamin perlindungan data nasabah atau penggunanya.

Untuk mengakses MBanking, Anda harus memasukkan username dan password atau PIN. Syarat tersebut berfungsi untuk menjamin keamanan MBanking Anda. Pastikan Anda tidak memberikan data MBanking kepada siapapun untuk menghindari penipuan dan pembobolan rekening.

  1. Mutasi Rekening Tercatat Rapi

Mobile banking juga memiliki fitur pencatatan riwayat transaksi. Jadi Anda tidak perlu lagi menyimpan berbagai bukti pembayaran dan mengecek satu demi satu saat selesai melakukan transaksi. MBanking akan mencatat secara otomatis segala aktivitas transaksi di rekening Anda, baik itu yang masuk maupun keluar. Tak cuma itu, Anda juga bisa memberikan keterangan sendiri saat bertransaksi, seperti keterangan ‘bayar listrik’, ‘bayar makan’, dan lainnya.  Bahkan, bukti transfer juga bisa langsung di-share ke penerima.

  1. Layanan Gratis

Manfaat selanjutnya dari MBanking adalah layanannya tersedia secara gratis. Anda tidak dipungut biaya apa pun ketika menggunakan MBanking, mulai dari pengunduhan aplikasi, pendaftaran, hingga pemakaian berbagai layanannya. 

Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya langganan untuk menggunakan aplikasi MBanking. Biasanya, biaya baru akan dikenakan saat akan melakukan transaksi tertentu terutama untuk pihak ketiga. 

  1. Memiliki Banyak Fitur

Fitur-fitur yang ada pada MBanking terus dikembangkan dan diperbaharui. Ada berbagai fitur yang disediakan dalam MBanking untuk kemudahan transaksi di era digital. Anda tidak hanya bisa memanfaatkan layanan transfer dan terima uang. Namun masih ada berbagai layanan yang sangat memanjakan aktivitas keuangan Anda.

Berbagai fitur yang bisa Anda manfaatkan, seperti cek saldo, mutasi rekening, penggantian PIN ATM, pembayaran tagihan dengan kartu kredit, bayar pajak, top up dompet digital, hingga pembayaran kebutuhan rumah seperti listrik, PDAM, dan internet.


Tips Aman Menggunakan Mobile Banking


Cara top up shopee  pay
Gambar dari freepik.com



Meski pihak bank telah memberikan jaminan keamanan pada MBanking, tetapi jika tidak menggunakannya secara bijak maka Anda bisa saja mengalami berbagai risiko seperti pembobolan hingga penipuan. Untuk menghindari itu semua, berikut tips aman yang bisa Anda terapkan selama menggunakan MBanking:

  1. Tidak Sembarangan Menggunakan Jaringan Internet

Untuk menggunakan layanan MBanking, tentunya smartphone Anda harus terkoneksi dengan jaringan internet. Aktivitas online bisa dilakukan menggunakan paket data atau koneksi WiFi. Namun Anda tidak disarankan menggunakan WiFi dari sumber yang tidak diketahui untuk mengakses MBanking. 

Jika tidak berhati-hati dalam menggunakan jaringan internet, informasi MBanking Anda bisa saja diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, selalu pastikan jaringan internet Anda aman dan dari sumber yang terpercaya.

  1. Menjaga Kerahasiaan Layanan OTP 

Hampir semua bank kini telah memperkenalkan layanan One Time Password (OTP) untuk layanan autentikasi. Selain untuk menjaga keamanan akun, kode OTP juga digunakan sebagai langkah verifikasi untuk menyelesaikan transaksi. 

Saat bertransaksi, nasabah bank akan mendapatkan kode OTP untuk melakukan proses pembayaran. Demi keamanan MBanking Anda, jangan pernah memberikan kode OTP kepada siapa pun, baik itu kepada teman dan terlebih lagi orang yang tidak Anda kenal.

  1. Selalu Memperbarui Aplikasi MBanking

Pembaruan aplikasi MBanking berguna untuk meningkatkan sistem keamanan. Jadi Anda wajib meng-update aplikasi MBanking. Jika Anda menunda pembaruan aplikasi, biasanya Anda tidak dapat menggunakan MBanking secara maksimal karena platform yang dipakai masih versi lama. 

  1. Merubah Kata Sandi secara Berkala

Untuk meningkatkan keamanan MBanking, jangan lupa untuk selalu mengganti kata sandi pada smartphone dan aplikasi MBanking secara berkala. Cara ini bermanfaat untuk menghindari berbagai risiko yang mungkin bisa terjadi, seperti pembobolan atau penipuan. 

Menggunakan PermataMobile X untuk Top Up ShopeePay

Salah satu mobile banking terbaik yang menyediakan layanan top up e-wallet adalah PermataMobile X. Aplikasi mobile banking dari PermataBank ini bisa Anda dapatkan secara gratis di Play Store maupun App Store. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengisi saldo ShopeePay secara praktis, kapan pun dan di mana pun untuk mendukung kebutuhan belanja online Anda.

Tidak hanya top up ShopeePay, PermataMobile X menyediakan ratusan fitur transaksi yang bisa Anda manfaatkan. Layanan yang tersedia, di antaranya fitur keamanan login menggunakan Face ID dan Finger Print, mengelola kartu kredit (seperti mengubah transaksi jadi cicilan, aktivasi kartu kredit, dan sebagainya), WhatsApp gift, QR pay, investasi, top up e-wallet, serta tarik tunai tanpa kartu di PermataATM dan gerai Indomaret dengan fitur Mobile Cash.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan berbagai kelebihan, diantaranya gratis biaya admin, cashback dan beragam promo belanja, dan masih banyak lainnya. Anda dapat mengetahui informasi selengkapnya melalui laman https://www.permatabank.com/id/permatamobilex


0 Comments