Ini Dia 7 Manfaat Gaya Hidup Minimalis Yang Ngetrend (Lagi)



banyak manfaat ketika kita menerapkan minimalism dalam kehidupan sehari-hari


Gaya minimalis sering diartikan dengan bentuk bangunan atau warna monokrom. Ya memang betul rumah bergaya minimalis tengah menjadi tren. Namun tahukah kamu, ternyata gaya minimalis bukan hanya gaya untuk bentuk bangunan saja. Lebih dari itu, menurut Wikipedia gaya minimalis bisa diartikan dengan gaya hidup sederhana. Gaya minimalis juga bisa muncul sebagai respon aktif atas materialisme dan konsumtivisme. Cirinya ialah adanya perasaan puas dan cukup terhadap "apa yang dibutuhkan"  bukan pada "apa yang diinginkan".

Perasaan puas dan cukup serta jiwa yang selalu bersyukur adalah kunci kebahagiaan dalam hidup. Ada banyak gaya hidup yang terkesan dipaksakan namun pada akhirnya hanya membuat ketidakbahagiaan. Contoh sederhananya: Memaksakan diri membeli banyak barang tapi jarang digunakan. Berapa stel pakaian yang kamu miliki didalam lemari? baju bagus yang berderet apakah lebih sering dipakai atau lebih sering tergantung saja? dan apakah sebenarnya kita butuh  pakaian yang banyak itu, jika hanya ingin menampakannya ke hadapan banyak orang bahwa pakaian kita tidak itu-itu saja, hmmm apakah bahagia sesulit itu?

Atau, seberapa banyak waktu yang kita buang? misalkan membuang waktu dengan mengontrol media sosial yang kita miliki, mengecek jumlah followers instagram atau viewers di youtube telah menghabiskan waktu secara percuma. Kita kehilangan waktu yang lebih penting dari itu semua mungkin waktu bersama keluarga atau bersama sahabat. Sebelum terlambat memang tidak ada salahnya kita belajar hidup minimalis, sebagai pemula pasti sulit tapi yakinlah hidup secara minimalis akan menjadi pilihan pada akhirnya.


Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari gaya hidup ini, penulis merangkumnya menjadi 7:

1. lebih Tenang Beribadah 

Karena tidak terlalu banyak hal yang kita pikirkan, biasanya kita akan lebih dekat dengan sang pencipta. Ibadah lebih tenang, Sholat tepat waktu (untuk yang muslim), berdoa lebih khusyu. Yuk di latih!

2. Lebih Hemat

Percaya tidak percaya, menjalani gaya hidup secara minimalis membuat kita lebih baik dalam mengelola keuangan. Kita bisa menghemat uang karena kita tidak disibukan dengan belanja barang yang tidak kita perlukan. Membelanjakan banyak barang yang tidak perlu bisa dialokasikan ke hal yang lebih bermanfaat, mungkin bisa sedekah lebih banyak atau bisa berlibur bersama keluarga besar diakhir tahun atau juga bisa berinvestasi untuk masa depan.

3. Hidup Lebih Sehat 

Tahukah kamu hidup minimalis membuatmu lebih sehat? Kenapa? Karena kita memiliki cara pandang yang positif, punya banyak waktu untuk diri sendiri, berolahraga  dan beribadah membuat hidup lebih sehat.

4. Pikiran Menjadi Rileks

Pernah suatu ketika penulis mengikuti kelas online lebih dari 3 kelas dalam waktu bersamaan, kelas menulis, webinar dan kelas optimasi. Sebenarnya memang benar kita mendapatkan ilmu namun tidak optimal. Why? kita manusia tidak boleh serakah. Tidak ada salahnya mengUpgrade pengetahuan, namun jika itu membuatmu stress maka STOP. Lakukan satu pekerjaan dan selesaikan baru maju ke pekerjaan berikutnya. pelaku gaya hidup minimalis akan memilih apa yang menjadi prioritas utamanya. Tidak kemaruk akan membuatmu rileks atau tenang.

5. Tidur Lebih Awal

Ada banyak orang yang memiliki banyak pekerjaan. Itu boleh saja sih. Namun jika pekerjaanmu tidak mengenal istirahat maka itu bukan pekerjaan. Mungkin kamu terlalu berambisi ingin menjadi "apa" sehingga mengambil semua jenis pekerjaan. Ingat ya satu pekerjaan memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda, jika kamu mampu melakukan tugasmu dan bertanggung jawab It's okay. Tapi jika pekerjaanmu membebanimu hati-hati stress melanda, tidak bisa tidur karena kebanyakan tugas. Tapi mereka pelaku gaya hidup minimalis lebih bisa istirahat bahkan tidur lebih awal dan teratur karena tidak memiliki banyak tugas dan tanggung jawab.

6. Lebih Mudah Membersihkan Ruangan

Why? pelaku gaya hidup minimalis memiliki ruangan yang sederhana bahkan cenderung kecil yang penting bisa tidur dan hidup dengan nyaman. Ini memudahkan mereka membersihkan ruangan lebih cepat dibanding dengan orang yang memiliki rumah lebih besar. Mengehemat uang, menghemat waktu juga menghemat tenaga, betul kan?

7. Lebih Bahagia

Pasti lebih bahagia, memiliki sedikit beban, hidup lebih efisien, beribadah dengan tenang, memiliki jiwa dan pikiran yang sehat serta fokus pada pengembangan diri. Menjadi apa adanya diri kita. Bahagia sesimple ini ternyata.

Itu tujuh manfaat gaya hidup minimalis. Jika baru memulai memang sulit menerapkan gaya hidup ini perlu fokus dan siap. Siap menahan godaan tentu saja. Ada beberapa orang yang telah menerapkan gaya hidup minimalis ini diantaranya public figure Raditya Dika seperti apa gaya Raditya Dika yang tetap stylish meskipun minimalis baca selengkapnya di minimalism ala Dika

kira-kira tertarik dengan gaya hidup minimalis atau minimalism atau hidup sederhana? belum terlambat lho, jika bebanmu berat jangan-jangan ada yang salah dengan gaya hidupmu. Ingat ya sederhana itu pilihan. Minimalis berbeda dengan miskin atau pelit. Minimalism is lifestyle. Menerapkan gaya  hidup minimalis tidak bisa sekaligus pasti butuh proses, belajar, kesiapan dan kedewasaan. Kita bisa mulai pelan-pelan menerapkan gaya hidup ini.

Sumber gambar by. SehatQ

9 Comments

  1. Semenjak ada covid jadi lebih hemat karena yang dagang tidak ada jadi bikin sendiri

    ReplyDelete
  2. Hiks, merasa diingatkan. Terima kasih ... saya pengennya minimalis sebenarnya tapi masih kurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul saya pun sedang belajar, ternyata memang tidak bisa sekaligus

      Delete
  3. Wow yang nomer 3 itu sedang saya lakukan sekarang. Sejak pandemi jadi banyak ikut berbagai kelas online. Tapi emang benar sih hasilnya nggak optimal.

    ReplyDelete
  4. Dari dulu memang suka dengan gaya hidup minimalis seperti ini dan sedang berproses menuju ke arah sana. enak memang, nggak terlalu banyak pikiran..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik, positif dan membangun.....