Emak Belajar Microsoft



(Screenshoot Pembukaan TOT Guru Inovatif 2020 dari Microsoft)


Hai selamat malam teman-teman melanjutkan tulisan yang kemarin Dipaksa Belajar Di Masa New Normal  kegiatannya hari ini sudah selesai. Ada banyak yang dipelajari dari kegiatan DISEMINASI MICROSOFT OFFICE 365 ini, kalau cekatan sih pasti bisa mengikutinya, kalau saya sih termasuk yang lelet hehehe


Ini kelas pertama yang saya ikuti, jujur sangat gaptek dan sepanjang kegiatan memang terkendala jaringan, kami yang sudah Ibu-ibu terkadang capek mengikuti kegiatan ini dan menyesaaallll menyesal kenapa tidak sejak dulu belajar begini? tapi kembali lagi pada situasi, kegiatan ini diikuti karena adanya pandemi covid 19.

Di kelas ini kami diajarkan 4 materi Microsoft Office 365 Education yakni:
1. Ms Teams
2. Ms Sway
3. Ms. Form
4. One note and One drive 

Keseruan dibalik kelas ini adalah bagaimana kami yang super gaptek mau mencoba belajar agar tidak ketinggalan. Dalam 1 grup  kecil ada kurang lebih 60 peserta guru, kami saling membantu satu sama lain dan banyak yang gaptek juga sih, itulah yang membuat saya merasa tidak sendirian haha. 

Setelah acara penutupan pada tanggal 10 Juli kami diberi penugasan hingga tanggal 12 Juli, yang tersaring atau yang mengerjakan tugas dari 60 peserta hanya sekitar 25 orang. Kebayang kan betapa banyaknya yang tidak melakukan penugasan. Malas sebenarnya bukan alasan, karena sejak awal kami sangat antusias mengikuti kelas ini. Kendala jaringanlah yang menghambat kelancaran dari kegiatan ini.

Kenapa saya berusaha menyelesaikan kegiatan ini meskipun tugasnya tidak rampung malah nilainya saja tidak terlalu bagus?
Nilai Tugas Yang Apa Adanya
(Nilai Tugas Yang Apa Adanya)

pertama, saya melihat peserta yang jauh lebih sepuh dari saya begitu besar semangat belajarnya bahkan banyak Guru yang berusia diatas 50 tahun

kedua, saya menyaksikan yang terkendala jaringan untuk peserta di Indonesia bagian timur tetap semangat mengikuti kegiatan meskipun waktu kami berbeda, bisa saja mereka mengikuti kegiatan ini lebih malam dibanding kami yang ada di Indonesia bagian barat.

ketiga, Banyaknya notifikasi teman yang meminta bantuan untuk penugasan membangunkan kembali kemalasanku. Poin plusnya adalah bagaimana kami bisa saling membantu dengan senang hati. 

Ternyata setelah mengikuti kegiatan ini, Saya belajar bukan tentang aplikasinya saja tapi juga tentang semangat juang para bapak ibu guru yang ingin berusaha mengupgrade kemampuannya agar mampu mengikuti perkembangan zaman demi kemajuan pendidikan di masa pandemi ini. 

Belajar di waktu tua bukanlah hal mudah, tapi menyerah juga bukan pilihan. Kalau boleh memilih kamipun lebih memilih belajar secara tatap muka. Luar biasa semangatnya para bapak ibu guru ini. Menularkan kebaikan dan semangat yang lebih.

Terimakasih, untuk para trainer, sahabat Guru terutama untuk Microsoft begitu besar andilnya dalam dunia pendidikan mengenalkan produk Microsoft Office 365 Education khusus untuk pendidikan serta menyebarkannnya pada para guru yang sangat membutuhkan secara cuma-cuma. Terimakasih untuk ilmu dan pengalamannya.

Yuk Explore lagi Microsoft nya.







15 Comments

  1. keren ya microsoft, programnya bnyk bermanfaat tuk pendidikan. guru2 sekarang pun wajib melek teknologi semua ya.. demi diri & anak didik di zaman milenial :))

    ReplyDelete
  2. iya betull meskipun keteter. microsoft berbagi..

    ReplyDelete
  3. Microsoft luar biasa, saya jadi ingat kata "Disruption"nya prof. Rhenald Kasali, dunia ini akan terus berubah, ga berubah, ga upgrade diri bakal ketinggalan zaman.

    ReplyDelete
  4. Sama mbak, kadang saya juga pernah berpikiran seperti itu. Merasa terlambat untuk belajar. Padahal sebenarnya tidak ada kata terlambat untuk belajar. Wah ternyata banyak ya program Microsoft. Nanti saya mau belajar juga

    ReplyDelete
  5. Oh sekarang tambah banyak ya fitur microsoft, selama ini belajar utnuk ngetik aja, makasih banyak infonya, menarik untuk dicoba

    ReplyDelete
  6. Cocok buat pak suami aplikasinya yang seorang guru juga harus mengajar online

    ReplyDelete
  7. Semangat terus bunda pelan pelan banyak latihan nanti jadi terbiasa dan jadi pinter otak atik sendiri hehe

    ReplyDelete
  8. Semangat bu guru.. jangan kalah sama yg udh sepuh yaa.. hehe.

    ReplyDelete
  9. Pandemi ini emang membuat ibu-ibu menjadi belajar ya mba. karena anak-anak mau tidak mau harus membiasakan diri belajar daring. Semangat mbaaa

    ReplyDelete
  10. Wah memang Microsoft diperlukan ya kak apalagi sekarang banyak anak yang belajar lewat daring maka sebagai orang tua harus membiasakan diri , semangat terus belajar kak, tidak ada kata terlambat untuk terus belajar

    ReplyDelete
  11. Saya juga baru tau fitur microsoft 365 ada yang seperti ini hehe

    ReplyDelete
  12. wah seru banget mba bisa belajar bareng ini bareng-bareng pastinya mengupgrade ilmu mba ya, semoga setelah pandemi pun microsoft tetap memberikan kelas seperti ini kepada orangtua apalagi jika kelas online akan terus berlangsung lama

    ReplyDelete
  13. Makin keren microsoft sekrang ya mbak. Jadi pengen belajar Microsoft Office 365 Education juga.

    ReplyDelete
  14. Saya selalu salut kepada guru yang mau belajar terutama para guru yang sudah usia 50 tahun ke atas. saya juga pernah mengikuti pelatihan ini di IGI

    ReplyDelete
  15. Hallo salam kenal ibu, membaca tulisan ini membuat saya senyum sendiri, bukan karena tulisan ini tidak elok, sama sekali bukan. Tetapi tentang kemalasan saya mengikuti pelatihan serupa yang digagas oleh SUDIN Jakarta Pusat. Sedikit membela diri, sebenarnya bukan malas, lebih kepada pening dengan tanggung jawab seorang guru di masa pandemi ini. Namun saya sependapat bahwa ilmu keguruan kita harus terus diupdate, mengikuti era yang baru. Maka bersyukurlah kita dengan wabah ini karena ilmu baru kita peroleh hehhee, tetap semangat miss, sekali lagi salam kenal dan sukses selalu.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik, positif dan membangun.....