Pekerjaan Rumah Tangga, Harus Terjadwal Dong!



Menjadi ibu rumah tangga berarti harus siap dengan pekerjaannya juga, betul nggak sih? Bisa betul bisa tidak, sebagai seorang istri juga Ibu katanya perempuan harus siap dan mampu mengerjakan pekerjaan rumah tangga. wow! harus ya?? Umumnya sih begitu....

Apa saja sih pekerjaan Ibu rumah tangga itu? penting diketahui nih untuk calon-calon istri atau calon  Ibu, Menikah tidak melulu soal cinta, berduaan dan bermesraan dengan pasangan ada banyak hal yang ikut serta didalamnya, dan tulisan ini fokus ke pekerjaa rumah tangga ya, hehehe

Perempuan , seorang Istri atau Ibu selain mengurus suami dia juga harus bisa mengurus rumah seperti, memasak, mencuci, menyetrika, beres-beres rumah, mengurus anak, menemani anak belajar, mengurus keuangan rumah tangga, dan lain-lain.

Itulah sebabnya kenapa anak perempuan harus  diajarkan pekerjaan-pekerjaan seperti itu  di dalam keluarga, agar mereka tidak terlalu kaget ketika setelah menikah. Bagaimana kalau istri tidak menyukai pekerjaan rumah tangga? wajar sih dari semua pekerjaan yang harus dikuasai, pasti ada beberapa yang tidak disukai bukan? misalnya saya paling tidak suka menyetrika dan mencuci. Sebut saja pekerjaan yang paling menyebalkan ah bete deh kalau sudah menyangkut setrikaan atau cucian  apalagi kalau banyak pengennya makan orang hehehe

Moms, jika kita ibu yang bekerja dan tidak menyukai pekerjaan tertentu dalam rumah, boleh saja menggunakan asisten untuk menggantikannya itu tidak masalah. Kita bisa fokus ke pekerjaan yang paling disukai. Pun jika memang seorang Ibu rumah tangga juga tidak mau dan tidak suka melakukan pekerjaan rumah  tidak ada salahnya menggunakan asisten rumah tangga. Atau sekarang lebih enteng gunakan saja jasa laundry, tidak mencuci, tidak menyetrika, pakaianpun sudah dalam keadaan bersih dan wangi.

Kecuali kalau memang keadaan berbeda, tidak bisa menggunakan asisten atau jasa laundry (keuangan tidak memungkinkan membayar asisten atau laundry, misalnya), kita harus turun tangan sendiri melakukan pekerjaan rumah tangga, siap tidak siap, suka tidak suka, lakukanlah! ada nilai ibadah didalamnya jika kita mengerjakannya dengan ikhlas.

Moms, jadi seorang Ibu itu sibuk banget ya, apalagi kalau anak masih kecil-kecil si sulung baru masuk SD, yang kecil TK, ada satu lagi yang bayi... ahh kebayang sibuknya setiap hari, yang memutuskan jadi Ibu seutuhnya harus mampu nih segala pekerjaan dilakukan sendiri. Pasti capek tuh, tapi perempuan kan wonder women heheeh

Ada tips mudah untuk menyederhanakan pekerjaan terutama untuk Ibu yang bekerja (Mengajar) dan  memiliki anak lebih dari satu biar lebih teratur saja jadwalnya, semua ter-handle. Ini dia tipsnya:

1. Membuat Jadwal Ibu
Contoh :
Setiap hari:
Bangun jam 4.00 sebelum subuh langsung masak nasi, kalau tidak begini nanti kesiangan yang mau sekolah, bisa-bisa berangkat tanpa sarapan dulu. wah bahaya. Karena sarapan sangat penting. Bangunkan anak-anak untuk persiapan sholat subuh, ngaji. Pulang ngaji anak-anak sudah siap mandi, sarapan dan berangkat sekolah. Pun ibunya. beres-beres rumah bisa pulang sekolah loh, jangan ribet.

Menemani anak belajar bisa di sore atau di malam hari. Hukumnya wajib.

Me Time (seringnya diatas jam 9) setelah anak-anak tertidur saya punya waktu untuk menulis apapun di Blog, saya percaya menulis memiliki banyak kebaikan dan manfaat.

Seminggu 2x:
Ini jadwal mencuci dan setrika (Beuhhh) pilihan hari bebas, ketika tidak ada jadwal mengajar.

Seminggu sekali:
seorang Ibu atau istri tidak boleh melupakan olah raga sekedar senam didalam rumah pun tak masalah asal badan kita harus gerak aktif, membuang penyakit.

2. Membuat Jadwal Anak
anak yang sudah usia sekolah harus dibiasakan mempunya pola hidup teratur, agar terbiasa. Ini contohnya:


3. Jangan Bikin Ribet

Maksudnya, rumah mau berantakan, cucian mau menumpuk, atau apapun yang berhubungan dengan rumah tidak perlu ribet aau cerewet semua kan sudah terjadwal. yang penting prioritas kita sebagai istri, sebagai ibu, dan sebagai guru sudah terlaksanakan. Suami terlayani dengan baik, Anak tidak kelaparan, anak tidak ketinggalan pelajaran sekolah maupun mengaji nya, bermain it's okay. Happy. No problem.

Nah itu dia sedikit tips receh hehe

Jangan lupa seorang Ibu harus bahagia...

Yuk bikin jadwal!!!

Semoga bermanfaat, orat-oret di sore hari.








0 Comments