Amanat Pembina Upacara


Bismillahirrahmanirrahim....

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh, Alhamdulillahirobilalamiin wabihii nasta'inu alaa umuridunnya wadin, asholatu wassalamu alaa asrofil anbiyaai walmursaliin wa alaa alihi washabihi ajmaiin a’ma ba’du.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat ilahi rabbi yang telah memberikan kita nikmat, taufik serta hidayahnya. Sehingga kita bisa melaksanakan upacara bendera pada hari ini dengan sehat, semangat dan tanpa suatu halangan apapun.

Sholawat dan salam kita curahkan ke junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW yang telah menerangi  jalan hidup kita dengan kebenaran, kebaikan dan ilmu pengetahuan. Semoga kita semua mendapat syafaat beliau di akhirat kelak amiin yaa robbal alamiin.

Kepada yang terhormat Bapak Kepala Madrasah, Bapak dan Ibu Guru serta anak-anak ku yang saya sayangi dan banggakan pada kesempatan pagi ini saya ingin menyampaikan amanat upacara bertemakan “Menuntut Ilmu adalah Ibadah”

Pada pagi ini kita semua berkumpul  melaksanakan upacara tiada lain karena keikhlasan kita dalam menaati peraturan Sekolah. Kenapa keikhlasan sangat penting dalam menuntut ilmu? Dengan ikhlas kita semua belajar sabar dengan  apa yang harus  kita ikuti, apa yang tidak boleh, apa yang harus dilakukan dan tidak menurut peraturan sekolah.

Saya bangga dan berterimakasih kepada kalian semua yang ikhlas dan bersabar mengikuti upacara pagi ini, jika kita bisa ikhlas dan bersabar dengan hal yang mudah insyAlloh kita bisa bersabar dan ikhlas dengan hal yang lebih besar. Apa contohnya? Jika kita bersabar dengan upacara pagi ini, berdiri dengan pegal, panas, mengikuti semua instruksi. InsyaAlloh kita bisa bersabar lebih dari sekedar upacara. Bersabar dalam belajar, sabar menanti Guru, sabar dengan tugas yang diberikan Guru, sabar dengan nasehat Guru, sabar dengan teman-teman yang jahil.

Dengan sabar dan ikhlas menghadapi sekolah, peraturan-peraturannya, tugas-tugas nya, Guru Gurunya, InsyaAlloh ilmu yang kalian dapatkan akan bermanfaat setidaknya untuk kalian sendiri lebih besar lagi bermanfaat untuk orang banyak.  Amiin yaa robbal Alamiin.

Selain ikhlas dan sabar dalam belajar kitapun harus meniatkan dengan seikhlas-ikhlasnya apa tujuan kita berangkat ke sekolah? Untuk apa kita belajar? Apa yang akan kita dapatkan dengan belajar?

Diantara ibadah yang paling penting dan yang paling mudah mendekatkan diri kepada Alloh SWT adalah menuntut ilmu atau belajar. Sepanjang hidupnya manusia itu  menjadi pembelajar. Apakah kamu pembelajar  yang baik atau bukan tergantung niat kamu dalam menuntut ilmu.  Kalau niatnya ikhlas Insyaalloh hasilnya baik. Karena jika tidak ikhlas itu akan mencacati atau merusak ibadah yang mulia ini. Menutut ilmu atau belajar hukumnya wajib bagi setiap muslim bahkan seorang imam besar menyebutkan menuntut ilmu itu lebih utama dari pada pekerjaan sunah lainnya..

Berkaitan dengan niat ikhlas dan sabar dalam belajar, inti dari amanat upacara pagi ini adalah luruskan niat untuk belajar, kalian akan ikhlas dan sabar dalam belajar, tidak berpikiran ingin cepat selesai, ingin buru buru pulang, karena kurang sabar dan kurang ikhlas terus niatnya pun tidak jelas contoh tidak jelas itu niat berangkat ke sekolah dengan alasan kalau tidal sekolah tidak dapat jatah uang jajan, berngkat sekolah mau jalan jalan dll. akhirnya  masuk kelas setengah hari, bolos, kabur, tidak menghargai Guru dan tidak menggaggap penting arti belajar.

Yang harus kalian ingat dan garis bawahi dengarkan baik-baik: BULATKAN NIAT DAN TETAP ISTIQOMAH DALAM MENUNTUT ILMU. JIKA KALIAN TIDAK SABAR DENGAN  LELAHNYA BELAJAR MAKA KALIAN HARUS SIAP DENGAN LELAHNYA KEBODOHAN DIMASA DEPAN”  tentu tidak mau kan kalian kesusahan  dimasa depan padahal dimasa kini kalian santai-santai saja, santai boleh tapi tetap fokus.

Demikian amanat yang bisa saya sampaikan pada hari ini mudah -mudahan bisa diserap dan diamalkan dengan baik dan bermanfaat bagi kita semua. 

Terimakasih untuk segala perhatiannya.

Wabillahi taufiq walhidayah wassalmualikum warahmatullohi wabarokatuh.

( contoh)


0 Comments