Guru Yang Berhenti Belajar Sebaiknya Berhenti Juga Mengajar


“Knowing is not enough, you must apply. Willing is not enough, you must do”
(Bruce Lee)

Quote diatas bisa diartikan seperti ini “Tahu saja tidak cukup, Anda harus menerapkannya. Sanggup saja tidak cukup, Anda harus melakukannya”

Maksudnya dalam hal mendidik dan mengajar banyak Guru yang serba tahu tapi tidak pernah menerapkanya dalam dunia pendidikan. Contoh nya banyak Guru yang tahu tentang berbagai metode mengajar tapi karena mungkin berbagai hal seperti sibuk atau malas, ya sudah pakai saja metode lama seperti metode ceramah atau diskusi yang mudah dilakukan. Banyak media pembelajaran yang bisa digunakan, lagi-lagi karena tidak mau ribet ya sudah media-nya cukup buku saja. Menulis, menjelaskan, begitu dan begitu.

Dimana pembelajaran yang PAIKEM itu? Jangan salahkan murid  jika hasilnya tidak seperti yang Guru inginkan, toh Guru pun terbatas dalam segala hal. sangat manusiawi kok, 


Tulisan ini diharapkan mampu membangun semangat bahwa sebenarnya Guru itu sangat besar pengaruhnya terhadap peserta didik, Guru ideal adalah Guru yang mampu menginspirasi. Tapi tak masalah juga jika tidak menjadi inspirator, itu kan idealnya. Tapi setidaknya Guru mampu mempengaruhi mereka dengan hal-hal yang baik atau memberikan contoh yang baik. Dari sekian banyak peserta didik yang kita didik atau ajar masak iya tak satupun ada yang mencontoh kebaikan kita? Pasti ada. Sekecil apapun. Jangan berkecil hati Bapak Ibu Guru.



Membaca artikel di sebuah pemberitaan online ada kata-kata yang selalu terngiang sampai saat ini Jika Guru berhenti belajar, sebaiknya diapun berhenti mengajar. Jleebbb sekali bukan? Guru apapun itu jangan pernah berhenti belajar.

Tanamkan kata-kata ini “Belajar untuk mengajar dan mengajar untuk belajar” pengajar adalah manusia yang tidak pernah berhenti belajar untuk meningkatkan kompetensi dirinya sendiri dan mengajari anak didiknya dan juga semangat mengajar untuk mempelajari karakter anak didiknya, bukan hanya anak didik yang belajar dari Gurunya tapi juga sebaliknya.


*Tulisan ini merupakan tulisan berantai yang pernah di publish  di Ketix dengan tema Guru 
*Gambar diambil dari GEOTIMES



4 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik, positif dan membangun.....