Daun Sirih Ampuh Obati Gatal

Tahukah anda manfaat daun sirih? Tanaman dengan daun berwarna hijau ini  sangat mudah tumbuh dan banyak ditemui terutama di daerah tropis seperti Indonesia.

Didepan rumahpun ada tanaman ini. Ada dua jenis tanaman sirih yaitu hijau dan merah. Keduanya memiliki manfaat yang banyak.

Diantara manfaatnya yang sangat banyak daun sirih pun di percayai banyak orang untuk menyembuhkan kulit gatal, awalnya kurang percaya karena terbiasa kalau sedikit -sedikit sakit pergi ke dokter, tapi apa salahnya mencoba.

Kemarin-kemarin anak saya mengalami gatal-gatal pada kulit kaki dan paha sekilas seperti kaligata tapi bentol-bentol nya lebih kecil , banyak dan merah.

Sudah menggunakan salep namun tidak mempan juga. Bayangkan rewelnya anak kecil yang mengalami gatal-gatal ini, menangis sepanjang hari. Tidurpun tidak nyenyak. Gatal dan terasa panas.


Pada akhirnya, Saya coba aplikasikan daun sirih, banyak cara untuk proses pengobatanya bisa ditumbuk atau di rebus, tapi saya memilih direbus karena bisa langsung dipakai untuk mandi air nya. 

Begini caranya:

1. Ambil 10 lembar daun sirih ukuran sedang sampai besar
2. Cuci sampai bersih
3. Rebus dengan air sampai mendidih
4. Campur air rebusannya dengan air dingin sampai hangat untuk mandi. Sementara daun sirihnya dicampur dengan sabun dan di gosokkan ke badan atau kulit yang gatal.

Lakukan 2x sehari, hanya kurang dari seminggu, gatal-gatal pun hilang. Bukan asal pakai atau asal coba-coba ternyata daun sirih mengandung beberapa zat obat diantaranya ada kandungan minyak asteri dan karoten yang ampuh untuk mengobati penyakit kulit terutama gatal-gatal yang disebabkan alergi.

Yang punya tanaman sirih di rumah, yuk manfaatkan. Ini baru satu kegunaanya, belum yang lainnya. Kalau sakit jangan sedikit-sedikit ke dokter dulu ya, apa salahnya mencoba dulu obat tradisional dan penggunaanya ternyata sangat mudah sekali.

Selamat mencoba, terutama yang punya masalah dengan kulit seperti beruntusan, gatal-gatal, atau bentol karena serangga.

Semoga bermanfaat. Daun sirih sejuta manfaat.

1 Comments

  1. Saya punya tanaman sirih di samping rumah. Tumbuh subur dengan daunnya yang hijau. Jarang dimanfaatkan.
    Jadi pengen coba nanti jika ada masalah kulit. Rebusan daun sirih siapa tahu bisa menjaga kita dari kuman penyakit.
    Makasih tipsnya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik, positif dan membangun.....