Sari Kedele Farm: Tempat Makan Lokal Di Sumedang


Hai Welcome back on my blog!

Hari ini saya mau membahasa Kuliner dari Kabupaten Sumedang. Kabupaten yang terletak di wilayah Jawa Barat ini selain memiliki banyak tempat wisata, ternyata kaya juga akan kulinernya. Salah satunya dan yang paling terkenal adalah olahan dari kedelai yaitu Tahu. Yang dikenal orang dengan sebutan Tahu Sumedang. 

Ternyata asal mula tahu sendiri berasal dari Tiongkok loh.. Nama Tahu sendiri merupakan serapan dari bahasa Hokkian (Tauhu) atau daufu secara harfiah artinya kedelai fermentasi. Tahu sendiri dikenal di Tiongkok sejak zaman dahulu kala, yang pada akhirnya sampai di Indonesia, kebetulan kedelai yang ditemukan di Malaysia dan Indonesia sangat mirip dengan kedelai yang ada di Tiongkok.

Asal Mula Tahu Sumedang

Asal usul Tahu sumedang bermula dari imigran Tiongkok di Jawa Barat yang bernama Ong Kino bersama istrinya yang tinggal di Sumedang pada awal abad 20-an atau sekitar tahun 1900.

Tahu Bungkeng yang kita kenal sekarang pun tidak terlepas dari keluarga Ong. Ong bungkeng sendiri merupakan anak dari Ong Kino. Dari tangan Ong Bungkeng lah tahu mulai dikreasikan sedemikian rupa hingga orang-orang menyebut jika tahu Ong Bungkeng lebih enak daripada tahu Ong Kino. Itulah sebabnya kenapa Tahu Bungkeng di Sumedang lebih terkenal dari tahu lainnya. 

Produksi tahu Bungkeng sendiri berpusat hanya di daerah Sumedang saja, meskipun pada akhirnya sekarang kita banyak menemukan gerai Tahu Sumedang di hampir seluruh wilayah Jawa Barat.

Karena cara pembuatannya sangat mudah. Kini, Tahu Sumedang kian berkembang dan sudah banyak warga lokal yang memproduksi sendiri dari mulai menanam kedelai sampai memproduksi tahu secara mandiri. Tahu Sumedang sudah menjadi ciri khas dari Sumedang dan sudah banyak memberikan sumbangsih besar pada perekonomian warga lokal.

Rumah Makan Tahu Sumedang

Seiring dengan perkembangannya yang sangat pesat, gerai-gerai tahu di Sumedang kini mulai mengubah dirinya menjadi rumah makan tahu sumedang. Yang biasanya tahu dikonsumsi dengan lontong  namun sekarang Tahu pun tak hanya jadi camilan tetapi bisa menjadi lauk nasi.

Bahkan tak hanya di Sumedang-nya saja, Rumah makan Tahu Sumedang pun sudah banyak didirikan di berbagai daerah di Indonesia yang tak hanya Jawa Barat, namun sudah masuk ke daerah lain seperti luar Jawa Barat.

Sari Kedele Farm




Salah satu tempat makan tahu sumedang yang saya kunjungi adalah Sari kedele Farm yang berlokasi di Kp. Slacau Desa Sindangsari Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Rumah Makan Sari Kedele Farm memiliki lahan yang sangat luas, selain rumah makannya sendiri lahan lain yang digunakan adalah berupa  perkebunan dan persawahan. seperti kebun kedelai, sayuran, bahkan Teh rosella. Pembuatan tahu pun dilakukan secara mandiri.

Suasananya sangat adem khas pesawahan, kita dibuat betah berlama-lama disini, gazebo nya sangat luas. Sangat cocok untuk makan rombongan bersama keluarga seperti yang saya lakukan hehe. 

Menu makanan yang disajikan merupakan makanan khas sunda seperti Nasi liwet, karedok, ikan asin, pete, cumi, kangkung, tahu, tempe, gurame bakar, ayam kampung, gepuk,  sambel, lalapan dan semua jenis makanan dengan tekstur dan rasa khas sunda. 
Yang paling saya sukai adalah karedok nya, sepertinya karedok disini karedok terenak yang pernah saya jumpai dari beberapa tempat makan sunda lainnya, selain itu gurame bakar juga menjadi andalan, di masak dengan sempurna matangnya dan level rasa yang seimbang. 

Tahu yang disajikan adalah Tahu Sumedang yang di produksi sendiri, memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang lembut. Disajikan dengan cabe rawit dan saus kacang, bahkan dalam sekejap tahu sudah berpindah tempat dari piring ke perut saking lezatnya hahah maaf tak sempat poto..

Selain makanan, minuman yang paling menggoda disini adalah Teh Rosella,  Teh yang punya cita rasa asam ini dipetik langsung dari pohonnya sehingga terasa kesegarannya. Teh Rosella sebenarnya sangat lezat dinikmati selagi hangat, tapi ternyata disajikan dalam keadaan dingin pun tidak merubah rasanya.

Fasilitas 

Sari Kedele farm sudah memiliki kualitas yang layak untuk sebuah rumah makan, fasilitas yang dimiliki antara lain:
1. Area parkir luas
2 Area bermain anak Luas, ada banyak permainan tradisional diantaranya permainan egrang dan lain-lain
3. Camp ground
4. Fishing sport
5. Farm
6. Toilet yang bersih
7. Mushola
8. gazebo luas
9. Spot selfie bagi yang suka poto.

Dan pelayanan cukup memuaskan, menerima delivery order. Buka setiap hari dari mulai jam 08.00 - 17.00

Rute Menuju Sari Kedele Farm

Rute dari limbangan tempat saya tinggal ke lokasi sekitar 1 jam perjalanan melalui jalan Sayang Jatinangor dan tembus ke kampus Universitas Padjajaran atau UNPAD Jatinangor. 

Sekarang lebih mudah dengan menggunakan google maps agar tidak nyasar hehe

Penutup

Rumah Makan Tahu Sumedang Sari Kedele Farm, sangat direkomendasikan bagi pecinta kuliner terutama masakan khas sunda. Tempatnya juga selain cocok untuk makan cocok juga untuk healing, selfie dan menenangkan diri.


Pergi kesini sendiri atau bersama keluarga adalah pilihan yang tepat. Suasananya yang adem jauh dari kebisingan jalan raya dan pemandangan yang hijau dari pegunungan dan pesawahan sesaat bisa melepaskan penat. 

Angin pedesaan nya membuat pikiran menjadi rileks dan menenangkan. Menyantap makanan yang lezat memanjakan lidah dan perut menambah kenikmatan (ketika menyelesaikan paragrap terkahir ini, kok saya mau kesitu lagi yaa haha).

#Day8
#Blogspediawritingchallenge
#blogspedia
#kuliner
#eksploresumedang

0 Comments