Pengalaman Blogging Maraton Bersama Blogspedia

 

ngeblog asyik bersama blogspedia

Kesan Selama Mengikuti Tantangan Menulis Blog dari Blogspedia


Beberapa hari ini saya disibukkan dengan blogging, memenuhi tantangan menulis dari blogspedia. Untuk saya yang se-ayo nya saja kalau menulis tantangan ini cukup berat. Sebab saya belum pernah menulis secara maraton setiap hari dengan minimal tulisan 800 kata. Pasti sangat melelahkan karena sebelumnya saya menulis mungkin hanya sebulan 2 kali bahkan sebulan sekali.


Dan kini harus menulis setiap hari tanpa jeda.. huuufff tapi saya semangat untuk menyelesaikan misi ini karena sebelumnya di challenge yang sama saya malah tumbang di hari kelima ngeblog hehehe…


Padahal tantangan tahun lalu lebih mudah, minimal tulisannya saja hanya 500 kata, sebanyak 14 tema dan kita bisa acak tema sesuai yang kita mau, waktunya pun lumayan lama selama sebulan.


Tapi sekarang sedikit berat, temanya bertambah menjadi 15, bahkan waktunya pun menyempit menjadi 15 hari.


Saya jadi nyesel kenapa waktu itu mengikuti rasa malas, andai saja waktu itu selesai, saya sudah bisa ikut kelas ngeblog gratis yang diadakan blogspedia, Karena jujur saya sangat membutuhkan kelas blog itu.. meskipun sudah sering nulis di blog, ilmu blogging saya masih sangat cetek. 


Tapi ya sudahlah namanya penyesalan kan selalu datang belakangan kalau datang di awal namannya kan pendaftaran ya? hehe..


Mudah-mudahan sekarang lolos sih kan saya sudah menyelesaikan tantangannya full 15 tema secara berturut-turut..haha kalau iya lulus, saya sangat bersyukur karena bisa mengikuti kelas blogging secara gratis. Nah itu yang saya suka gratis hehe 


Tapi kata teman saya yang ikut tantangan tahun lalu meskipun kelas gratis, ilmu yang di share nya sangat mumpuni. Makanya saya jadi semakin penasaran.


KIAT MENULIS SELESAI TEPAT WAKTU 


Teman-teman, bukan hal yang mudah menulis dengan tema-tema baru yang ditentukan apalagi harus dikerjakan oleh orang yang malas-malasan seperti saya ini, yang kadang lebih tergoda rebahan, stok Drakor yang minta di tonton, harus ngurusin anak ini itu, berat banget bestie... harus begadang karena menulis dan jangan lebih dari jam 00.00 untuk setor tulisan setiap harinya.


Beberapa tips menulis yang saya terapkan kemarin agar tulisan saya selesai selama waktu yang ditentukan adalah sebagai berikut:


1. Tentukan waktu menulis


saya meluangkan waktu setiap malam mulai dari jam 9 malam ketika anak-anak sudah tidur.

2. Mencari Ide di Siang hari

Karena siang hari saya tidak bisa menulis bentrok dengan kegiatan lainnya saya lebih suka mencari ide dan drafting untuk malamnya saya eksekusi.

3. Harus Fit

Sebelumnya saya harus makan dan tidur cukup dulu, sebab kalau mengantuk dan lupa bikin kopi saya malah sering ketiduran.

4. Jangan Multi Tasking

Multitasking membuat kita lupa apa yang akan kita kerjakan yang pada akhirnya kita tidak menulis apapun. Contohnya kalau mau fokus menulis stop dulu membuat video tiktok, stop dulu ikut zoom.. karena sedih juga ada beberapa zoom yang terlewat sebab waktunya bersamaan sementara  laptopnya saya pakai menulis dan saya pernah memaksakan diri mengikuti keduanya, dan hasilnya sangat buruk saya ketinggalan materi zoom saya juga terlambat setor tulisan.. hik hik.. Jangan sok kuat dan bisa menyelesaikan tugas dalam satu waktu. Kita bukan robot.


MANFAAT MENGIKUTI CHALLENGE BLOGGING


Ada banyak manfaat yang saya dapatkan dari ikut challenge blogging ini diantaranya:


1. Blog Aktif kembali

Mempunyai blog namun jarang menulis di blog menyebabkan blog sepi. Antara ada dan tiada. Kita lupa tujuan awal membuat blog untuk apa. Ketika mengikuti challenge, blog mulai ramai lagi, pengunjung datang lagi dan kesempatan mendapatkan job blog atau endorse lebih banyak lagi.

2. Minat Baca Meningkat

Ngeblog itu mau tidak mau kita harus membaca, menulis tanpa membaca sama saja bohong. Tiba-tiba banyak yang harus saya baca karena temanya banyak yang di luar kepala saya. Alhamdulillah kan jadi mau membaca hehe

3. Semangat Terjaga

Semangat menulis tumbuh kembali karena kita selalu merasa gerah jika ada teman yang sudah selesai menulis dan done setor bahkan jauh sebelum batas waktu haha.. wah saya juga harus bisa begitu😁

4. Perbendaharaan Kata Semakin Kaya

Yang biasanya menulis 300-400 kata, menjadi merasa tertantang harus menulis 800 kata… meskipun kadang tulisan muter-muter saja disitu haha tapi kalau mood lagi baik kita tidak sadar kadang menulis sudah lebih dari 1000 kata loh😁

5. Melatih Konsistensi

Inilah yang paling sulit dilakukan, membuat blog itu mudah, menulis juga mudah, tapi untuk menjadi penulis atau blogger produktif tidak bisa tanpa konsistensi. Percuma. Setidaknya mengikuti challenge kali ini selama 15 hari saya terbiasa menulis diatas jam 9 malam setiap hari hal yang sulit  saya lakukan sebelumnya… semoga menjadi awal dari konsisten yang sebenarnya.





PENUTUP


Inilah kesan yang saya dapatkan selama mengikuti challenge blogspedia, yang saya tuliskan panjang lebar.. dan saya merasa senang menjadi bagian dari challenge ini. Saya merasa telah dipertemukan dengan jalan yang benar di bidang blogging. 


Tulisan pamungkas ini sebagai syarat bahwa saya telah menyelesaikan tantangan berat selama 15 hari.. setelah ini saya mau istirahat sejenak menikmati rebahan dan drama Korea yang saya rindukan🤭


Saya merasa bangga pada diri sendiri, yang awalnya saya merasa pesimis bahwa saya tidak mungkin menyelesaikan misi ini. Meskipun banyak rintangan saya terus berjalan hehe


Rintangan yang saya hadapi dalam menulis blog adalah harus membuat atau mengedit gambar yang bagus dan sesuai. Dan saya merasa mengedit photo sangat menghabiskan waktu sehingga hanya ada satu atau dua gambar yang bisa saya tampilkan di blog saya


Terimakasih blogspedia telah mewadahi kami terutama saya sebagai blogger pemula. Semoga event ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Aamiin.

 


3 Comments

  1. konsisten tetep kuncinya ya mbak, dulu aku mikir nulis tiap hari kayaknya berattt
    terus cobain ikutan tantangan selama 30 hari dan bisa. Cuman ya memang kudu diniatin juga sebenernya

    ReplyDelete
  2. pengen waktu itu ikutan challenge blogspedia, tapi karena melihat beberapa minggu agak sibuk dengan urusan kerjaan, terpaksa ga ikutan.
    dengan ikutan blog challenge kayak gini memang membuat kita harus nyari ide tulisan yang menarik ya, dan itu juga seru

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik, positif dan membangun.....