7 Cara Jitu Menjadi Blogger Pemula Yang Menghasilkan Uang

                                     7 Cara Jitu Menjadi Blogger Pemula Yang Menghaslkan Uang


Haiiii Semua apa kabar hari ini? Semoga kita selalu sehat ya. 

Blogging akhir-akhir ini lagi naik daun ya, sangat banyak sekali yang beralih profesi menjadi blogger. Bukan karena pekerjaan nge-blog itu mudah, tapi sekarang orang blogging sudah seperti menulis diary. Selain aplikasinya mudah sekali di download blogging juga sudah menjadi kebutuhan banyak orang terutama mereka yang bekerja di dunia digital.

Blogging itu memang tidak mudah, ada banyak teknik yang harus kita pelajari agar situs yang kita kelola ada di urutan teratas. sulit ya? memang.

Tapi, dulu saya pertama kali menulis blog ketika saya tertarik ingin menulis, saya blank tentang traffik blog. Saya hanya ingin menulis. Menulis apapun yang saya rasakan, yang saya alami dan ketika saya tidak ingin menulis maka saya tidak akan menulis maka jadilah blog ini penuh sarang laba-laba hehe

pernah dengar kata Pramoedya Ananta Toer :
“orang boleh pandai setinggi langit,tapi selama ia tidak menulis ia akan hilang dalam masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

terngiang-ngiang tuh, dan memang benar sepintar apapun orang kalau tidak menulis, hilang tanpa jejak. Bukan berarti saya ingin dikenang tapi saya menyayangkan para pendahulu saya yang memiliki ilmu, pengalaman yang banyak tidak ada history-nya sama sekali. Karena tidak ada tulisan yang diwariskan. 

Tujuan saya nge-blog awalnya memang hanya ingin bercerita, dan saya berharap ketika saya tiada nanti, ada hal yang dibaca anak-cucu saya. Maka terwujudlah blog ini. Isinya macam-macam. Tentang, pengalaman saya ikut kelas menulis, parenting, pengalaman mengajar dan banyak lagi.

Lantas, bagaimana sih jadi blogger pemula itu? kemampuan nge-blog saya sampai saat ini memang belum ada peningkatan sih haha, tapi saya kasih tahu nih kalau menulis itu memang harus dipakasakan. Kalau jadi pemula sih saya bisa kasih  tipsnya hehe

Intinya gini, 
Kamu suka membaca? Menulislah! 
Kamu suka menulis? Ayo asah terus kemampuan menulismu! 
Kamu punya unek-unek? Menulislah! 
Kamu punya banyak ide namun tidak bisa mengungkapkannya? Sebaiknya menulis!
Kamu seorang Guru? Menulislah! 
Apapun profesimu, ayo menulis!

Adanya Sosial media membuat hampir semua orang jadi pintar menulis. Apapun. Dan terutama perempuan, mereka bisa menulis lebih banyak dan lebih panjang daripada laki-laki. Apa alasannya? Perempuan mampu mengeluarkan kosa kata hingga 20.000 kata/ hari dibanding laki-laki yang hanya mampu berbicara 7000 kata /hari.

Bisa dibayangkan jika perempuan tidak mampu mengungkapkan kata-kata yang ada dalam hati dan pikirannya, maka akan tersendat dan stress, dan menulis adalah pilihan terbaik untuk menyalurkan nya sebagai self theraphy agar tidak stress.

Menulis di sosial media sah-sah saja selama bisa membuat perasaan bahagia dan plong tapi tentu harus pandai juga memilih sesuatu yang baik untuk bisa disampaikan kepada pembaca. Menulis yang baik adalah menulis sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak.  Tidak menyinggung orang, tidak menjatuhkan orang, tidak menggurui orang dan tidak menyakiti orang.

Kenapa Blogger menjadi sebuah pilihan? Orang menulis di blog biasanya berdasarkan hobi, atau yang masih belum percaya diri untuk menerbitkan sebuah buku. Terkadang blog di pakai sebagai ajang latihan menulis untuk para penulis pemula. Why? Menulis di blog adalah sebebas-bebasnya menulis tanpa harus memikirkan EYD (meskipun sekarang google teliti untuk hal-hal seperti ini), kita bisa menerbitkan atau mengedit tulisan kita kapanpun kita mau.

Banyak loh para penulis yang membukukan tulisannya dari kumpulan-kumpulan artikel di website pribadinya. Naskah calon buku biasanya akan menjadi lebih baik dan sudah rapi secara tata bahasa.

Lantas, bagaimana cara memulai nge-blog? yang jelas sih tentukan tujuan blogging untuk apa.

TIPS MENJADI BLOGGER PEMULA


Ini Tips yang saya punya, jika memang ini bisa membantu boleh diikuti:


1. Pilih Jenis Tulisan Yang Disukai


Di blog itu ada yang namanya niche blog artinya jenis tulisan apa yang kita suka dan kuasai, misalnya tentang travelling, culinary, beauty, kesehatan dan sebagainya sementara lifestyle blog adalah niche blog untuk kamu yang suka nulis apapun. Kamupun bebas menulis dan menerbitkan tulisanmu kapanpun. Dan saya adalah yang menulis semua di 1 blog. hehe

2. Mengikuti Kelas Blogging

Saya mengikuti beberapa kelas blogging dari mulai kelas yang free sampai yang berbayar sedikit banyak berpengaruh sih, karena kalau otodidak saya pusing haha makanya harus ikut kelas, jadi jelas mentornya. Ada gurunya.

3. Berkomunitas

Setelah mengikuti beberapa kelas, kita harus punya komunitas untuk mengikat semangat blogging, di komunitas kita bisa sharing tentang banyak hal yang berkaitan dengan blogging. Dan dari komunitas inilah biasanya kita memiliki banyak informasi mengenai job-job blog seperti, kunjungan blogger, lomba blogging sampai job seperti  endorsment dan campaign.

4. Terus Menulis

Jangan berhenti menulis, jika tidak bisa melakukannya setiap hari, setidaknya lakukan secara rutin mungkin untuk pemula bisa dilakukan sebulan sekali. 

5. Mengikuti Tantangan Blogging

kenapa harus melakukan ini? Karena pemula itu masih moody, dia harus dipaksa menulis agar mau menulis dan kembali ke tujuan semula, buat apa blogging. cara yang efektif adalah selalu mengikuti tantangan dan menyelesaikannya. Seperti saat ini saya sedang mengikuti tantangan blogging dari blogspedia dengan tema yang ditentukan. Dan mudah-mudahan bisa membakar semangat blogging dan terus nge-blog sampai kapanpun sesuai harapan awal membuat blog.

6. Tidak Berhenti Belajar

kreatif adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh blogger pemula, memperbaiki fitur blog, memperbaiki tulisan di blog, membandingkan dengan tulisan orang lain adalah cara ampuh mengetahui kekurangan blog yang kita miliki.

7. Berani Pasang Domain

Tujuan saya memasang domain adalah agar semangat menulis bertambah memang cukup berhasil, karena blognya berbayar, kita harus bisa membayar domain dari hasil tulisan yang kita publikasikan. Jangan sampai blog yang sudah berdomain, eh bayarnya malah dari kantong lain haha. Harus dari blog ini sendiri, Alhamdulillah Blog ini biarpun tulisannya aduh masih kurang apik, dia sudah bisa bayar domain sendiri hehe.

Itu dia jalan ninjaku membuat blog, belum banyak menghasilkan tapi alhamdulillah sudah mandiri, hehe.

Semoga bermanfaat ya.


#14daysblogpediachallenge
 (Gambar by.HastyInsight.com)


1 Comments

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik, positif dan membangun.....