Menjaga Resolusi





Akhir tahun nih, enam hari lagi kita menuju tahun baru tahun 2020. Akhir tahun sering diramaikan dengan kebiasaan orang-orang membuat resolusi. Ternyata menurut penelitian, beberapa orang enggan membuat resolusi karena tidak pernah terwujud atau seringkali gagal.

Orang beranggapan resolusi mampu membawanya ke arah yang lebih baik, makanya resolusi sering dianggap sebagai motivasi untuk diri sendiri (dan ini baik) meskipun motivasi itu hanya bertahan tidak lebih dari 4 minggu.

Apa iya secepat itu? Kenapa tidak bisa memotivasi diri sampai bulan Desember tahun berikutnya? mungkin jawabanyan kita tidak kosisten menjaga resolusi kita. Kalau tidak bisa konsisten, buat apa membuat resolusi?

Saya pun jarang membuat resolusi, karena lebih suka kalau hidup itu ya jalani saja, ngalir saja tapi bukan berarti tidak punya mimpi juga. Hari ini membuat resolusi, teriring ingin mengikuti tantangan. Apa bisa membuat resolusi dan benar-benar berhasil?

Resolusi, anggap lah kita berharap hal-hal yang lebih baik yang kita inginkan menimpa hidup  kita di masa depan, apa yang harus kita lakukan setidaknya agar tidak 100 persen resolusi kita itu gatot atau gagal total?

Saya sendiri berharap, tahun depan saya bisa konsisten menulis ( jauh dari kata produktif hehehe) menulis di blog, menulis banyak artikel dan mengirim nya ke media online, ikut lomba blog, bahkan menulis buku (Wah ketinggian ya? haha)

Tapi, kenapa tidak? Kalau Cuma sekedar angan-angan belaka ya mungkin tidak akan pernah terwujud sampai kapanpun.

Lantas, hal apa yang harus saya ikuti agar resolusi ini tidak hanya berumur 4 minggu?

Bismillah,

Hal pertama yang saya lakukan adalah bergabung dengan banyak komunitas menulis demi menjaga
konsistensi menulis yang kadang timbul tenggelam.

Kedua, mengikuti pelatihan menulis baik itu buku atau blogging.

ketiga, mengikuti lomba kepenulisan baik itu online atau offline untuk mengetahui dan memperbaiki setiap kelemahan.

keempat, mengikuti setiap challenge seperti kuis atau apapun yang berhubungan dengan menulis seperti teks resolusi ini, ini merupakan challenge yang diberikan oleh ketua IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) di grup alumni kelas blogging yang saya ikuti beberapa waktu lalu.

Resolusi saya ingin membangun konsistensi dalam menulis. Setelah itu produktif menulis.  BTW, Menulis adalah hobi yang terkubur dan saya ingin menggalinya kembali hehe

Sobat, yuk bikin resolusi jangan lupa menjaga serta membangunnya!


7 Comments

  1. Semangat menulis ya Mbak. Semoga harapan tahun depan terwujud dengan indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mbak. Makasih. Doa yang sama buat mbak Asih yaaa

      Delete
  2. Yuk sama-sama saling menyemangati Mbak Mila, semoga di tahun depan, lebih banyak lagi manfaat yang bisa kita tebar dan kita panen melalui menulis..

    ReplyDelete
  3. Salam kenal yaa Teh Mila. Yukk lebih rajin ngeblog ahh biar feeling better hehe...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar dengan baik, positif dan membangun.....