Ibu Bekerja Atau Ibu Rumah Tangga




...
Serem ya judulnya? Yang merasa seorang Ibu langsung merasa terkotak-kotak kan. Sejak lama perdebatan ini berdengung dan sampai bosan mendengar atau membaca tema tentang ini. Ibu yang bekerja merasa lebih baik karena mampu mengaktualisasi diri ( atau apa saja di balik alasan kenapa dia bekerja), Ibu rumah tangga pun demikian mereka lah yang terbaik karena bisa fokus mengurus keluarga.

Banyak artikel yang memuat tentang tema ini bahkan sangat banyak video social experiment dan terus di galakan. Untuk apa? Untuk meyakinkan para ibu bahwa sebenarnya, mau bekerja atau mau mengurus rumah, it's okay. No problem.  Ibu rumah tangga itu baik. Ibu bekerja juga baik, lalu kenapa harus merasa hebat dengan meremehkan yang lainnya? Bukankah keduanya sama- sama "seorang ibu"?

Life is choice. Hidup ini pilihan, di balik ibu yang bekerja atau di balik ibu rumah tangga pasti ada alasan-alasan yang orang lain tidak perlu tahu. Mereka punya motif kenapa harus begini dan begitu. Mereka memilih karena sudah siap dengan konsekuensi pilihan nya.

Stop membanding-banding kan who is the best mom, mau bekerja atau ibu rumah tangga, mau menjadi ibu yang menghasilkan uang atau tidak, kalau keluarga terlantar buat apa? Toh tidak ada jaminan keluarga yang berhasil berasal dari ibu yang mana bukan? yang berhasil mendidik anak-anak, yang berhasil mengurus rumah bisa berasal dari ibu yang bekerja ataupun dari ibu rumah tangga, Intinya bukan bekerja atau tidak nya melainkan tanggung jawabnya sebagai Ibu, pandai mengatur waktu, dan tahu siapa yang Ibu "utama" kan? Berhenti menyakiti dengan mengatakan hal-hal yang tidak penting seperti:
 "Ngapain perempuan bekerja, anak ga keurus"
"Enak ya jadi ibu rumah tangga, diem aja d rumah mau apa-apa tinggal minta suami"
"Kalo perempuan kerja bebas bisa ngelunjak!"
"Jadi ibu rumah tangga enak kerjaanya nonton sinetron"
Sekilas seperti itu lah kira-kira. Semua ada porsi nya. Ada baik dan buruk nya. Bukan hak kita saling menyalahkan.

Menurut Merry Riana " Ibu yang cerdas adalah Ibu yang tahu prioritas, itu yang penting" jadi tidak ada Ibu bekerja atau Ibu rumah tangga, mau jadi apapun seorang Ibu "peran" nya tak tergantikan didalam keluarga apalagi di hadapan anak-anak.

Apapun pilihannya,seorang ibu harus bahagia karena dari Ibu yang bahagia akan terbina keluarga yang juga bahagia. Sudah seharusnya sesama ibu apapun profesi nya, apapun kegiatannya, apapun minatnya harus saling mendukung dan menguatkan demi pertumbuhan dan perkembangan generasi yang lebih baik.

Semua Ibu punya pertempurannya masing-masing memiki  perjuangan dan pengorbanan yang hampir serupa.

Ibu tetaplah Ibu. Sangat bangga menjadi seorang Ibu.

Sumber gambar : HitsBanget.com

0 Comments